Sukses

Parenting

Ini Cara Membiasakan Anak Kebiasaan Sikat Gigi

Fimela.com, Jakarta Sikat gigi dua kali sehari adalah anjuran bagi setiap orang untuk menjaga gigi bersih dan sehat setiap waktu. Sikat gigi baiknya dibiasakan sejak kecil pada anak-anak. Namun bagaimana cara terbaik menerapkan kebiasaan baik sikat gigi pada anak? Dilansir dari New Parent, ini yang bisa dilakukan orangtua.

1. Pilih sikat gigi dan pasta gigi yang disukai

Ajak anak untuk belanja sikat gigi dan pasta gigi yang ia sukai. Pastikan juga bahannya lembut dan tidak menyakiti gusi si kecil. Dengan mengikutsertakan anak pada kegiatan menyikat gigi, akan memberikan ketertarikan dan keingintahuan pada anak.

2. Cerita menarik

Anak akan lebih yakin jika mendengar cerita atau dongeng. Ini lebih meyakinkan baginya. Bacakan cerita yang menunjukkan bahwa sikat gigi adalah kebiasaan baik dan tujuannya adalah menjaga gigi sehat. Katakan juga apa yang akan ia alami jika tidak menggosok gigi.

3. Menggosok gigi bersama

Tentu ini menjadi hal yang akan membuat anak yakin bahwa sikat gigi bukan hanya dilakukan dirinya saja, tapi orangtuanya juga melakukan bersamanya. Ketika ditemani sikat gigi, anak akan lebih rajin sikat gigi.

4. Beri contoh yang baik

Tentu saja, setiap anak tidak mungkin berbeda menanggapi ajakan sikat gigi. Jika anak sulit diajak sikat gigi, beri contoh atau teladan yang baik. Lakukan sikat gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur. Karena anak adalah peniru yang baik, ia akan meniru kebiasaan baik dari orangtuanya.

Jadi, itu hal yang bisa dilakukan orangtua jika ingin membangun membiasakan sikat gigi yang baik pada anak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading