Sukses

Parenting

Cara Mencegah Bayi Tertular Penyakit Flu

Saat virus flu tengah mewabah di sekitar Anda, Anda tentu khawatir penyakit ini akan menular pada si buah hati Anda, terutama yang masih bayi dan balita. Si kecil yang masih rentan tentu mudah tertular penyakit ini, lebih-lebih jika ada anggota keluarga yang sudah terserang flu. Untuk itu, beberapa tindakan pencegahan perlu Anda lakukan, seperti yang dilansir motherandbaby.com

    Biasakan cuci tangan

    Ajarkan kebiasaan mencuci tangan dalam keluarga Anda, termasuk sebelum memegang bayi Anda. Mencuci tangan sebelum makan, setelah ke toilet, dan setelah melakukan kegiatan lainnya sangat penting untuk menghambat penyebaran virus.

    Menutup saat bersin

    Saat bersin, tutup mulut dan hidung dengan tissu atau paling tidak lengan Anda. Hindari menutupnya dengan telapak tangan karena justru akan membuat bakteri dan virus menyebar. Karena itu sediakan tissu dalam jangkauan Anda.

    Vitamin C

    Konsumsi makanan tinggi vitamin C seperti beberapa jenis buah berwarna kekuningan dan sayuran hijau agar kekebalan tubuh dapat maksimal. Tambahkan juga makanan ini pada bayi Anda yang sudah berusia lebih dari 6 bulan.

    Omega 3

    Konsumsi ikan atau minyak ikan juga dapat memperkuat kekebalan tubuh dengan kandungan omega 3 di dalamnya yang juga dapat mengoptimalkan kinerja vitamin A dan D.

    Karantina

    Jika ada anggota keluarga yang terkena flu, pisahkan ruangannya dengan sang bayi. Pisahkan juga alat makan handuk dan pakaiannya agar virus tak menyebar di dalam rumah. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Meskipun sedikit ribet, pastikan si kecil 'aman' dari virus flu dengan meningkatkan kekebalan tubuhnya dan menjaga kebersihan.

(vem/cha)
;
Loading