Sukses

Parenting

5 Cara Mendekatkan Bayi dengan Sang Ayah

Kedekatan orang tua dan anak memang harus dibangun sedini mungkin. Bahkan ketika masih di dalam kandungan, orang tua sebaiknya sudah bisa berkomunikasi atau mengobrol dengan si buah hati. Hanya saja ketika bayi sudah lahir ke dunia, biasanya ibu lah yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan bayi. Padahal ayah juga memiliki peran penting dan sangat perlu memiliki ikatan yang kuat dengan anaknya. Tapi bagaimana cara seorang ayah (khususnya ayah yang masih baru) bisa memiliki ikatan yang kuat dengan anaknya yang masih bayi?

Dilansir dari babycenter.com, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan seorang ayah agar bisa lebih dekat dengan sang buah hati. Di sela-sela kesibukan sang ayah, Anda sebagai ibu juga perlu mendorong suami Anda untuk menghabiskan waktu bersama bayi Anda. Jika kedekatan dan hubungan sudah dibangun sejak kecil, maka nanti ketika dewasa anak Anda bisa menjadi anak yang paling Anda banggakan dan mengerti arti kasih sayang orang tua yang sebenarnya.

    Berikan Susu di Malam Hari

    Saat malam hari dan bayi Anda menangis karena haus atau lapar, Anda bisa berikan kesempatan suami Anda untuk memberikan susu dalam botol. Saat bayi dan ayahnya berinteraksi berdua saja, ikatan batin dan kasih sayang antara keduanya bisa terbangun dengan sendirinya. Keheningan di malam hari, membuat suara ayah terdengar jelas di telinga bayi dan bayi bisa semakin mengenal bahwa suara dengan karakter itu adalah suara ayahnya. Bayi pun akan merasa nyaman ketika ia tahu bahwa ada orang yang menyayanginya berada di dekatnya.

    Menatap Matanya

    Bayi sangat suka memelajari dan memperhatikan wajah. Anda bisa meminta suami Anda untuk menatap bayi Anda dalam waktu beberapa detik. Tatap wajah bayi dengan senyuman manis, biarkan bayi merekam wajah sang Ayah dalam otaknya. Tapi sebaiknya tidak terlalu lama karena bayi bisa dengan mudah bosan. Bisa juga dibuat semacam kompetisi siapa yang berkedip duluan. Ajak suami dan bayi Anda untuk saling berhadapan dan Anda cukup memperhatikan siapa yang berkedip duluan itu yang akan kalah.

    Bermain Kangguru

    Anak sering rewel? Cobalah untuk membiarkan sang Ayah menggendongnya dengan gendongan depan (front carrier). Jadi seperti induk kangguru yang meletakkan bayinya di dalam kantung depannya. Kedekatan fisik memiliki peran penting untuk membangun ikatan emosional.

    Mandi Bersama

    Di bak mandi, biarkan suami Anda mandi bersama bayi Anda. Atau setidaknya beri kesempatan suami Anda memandikan bayi Anda. Saat kulit sang Ayah menyentuh kulit bayi, akan ada perbedaan yang dirasakan. Bahkan bayi bisa merasa tenang saat dirinya tahu bahwa orang yang memandikannya bukanlah orang asing. Dan beri kesempatan sang Ayah untuk menggantikan popok.

    Membacakan Cerita

    Selain membuat bayi lebih familiar dengan suara Ayahnya, membacakan cerita juga bisa membantu perkembangan emosional bayi. Meskipun bayi belum bisa menangkan semua kata atau keseluruhan cerita yang dibacakan, tapi bayi sangat senang bisa mendengarkan suara-suara yang menenangkan dan menyenangkan. Pangku bayi atau tidurkan bayi di tempat nyaman, lalu bacakan cerita. Sebuah cerita yang dibacakan dengan nada suara yang lembut terkadang bisa meninabobokan bayi.

Saat anak sedang sakit, usahakan suami Anda juga ikut mendampingi. Keberadaan kedua orang tua di dekat bayi ketika ia sedang sakit bisa memberikan rasa aman dan nyaman tersendiri. Seorang pria yang  baru jadi ayah mungkin akan sedikit malu atau kagok ketika berhadapan dengan buah hatinya. Tapi Anda sebagai istri dan juga seorang ibu perlu membantu suami Anda untuk bisa lebih dekat dengan darah dagingnya sendiri.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading