Sukses

Parenting

Kerja dari Rumah Jadi Lebih Efisien dan Menyenangkan dengan Strategi Ini

Sistem bekerja yang bisa dilakukan di rumah sudah menjadi alternatif yang dipilih oleh banyak wanita, khususnya para ibu rumah tangga. Saat ini banyak sekali peluang bekerjayang bisa dilakukan dari rumah seperti membuat kerajinan, membuat toko online, menulis, menjadi penerjemah, dan sebagainya. Memang banyak sekali kemudahan yang bisa didapat dengan bekerja di rumah, seperti bisa bebas dari macet, lebih fleksibel dalam mengatur jadwal kerja, dan tetap dekat dengan anak. Eh, tapi tunggu dulu, bekerja dari rumah juga punya tantangannya sendiri lho.

Menjaga konsentrasi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan di rumah itu tak mudah. Belum lagi jika anak tiba-tiba rewel dan mengajak bermain. Mendisiplinkan diri juga bisa terasa sangat sulit, apalagi jika belum terbiasa. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, bekerja di rumah punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nah, supaya bisa lebih efisien dan menyenangkan ketika bekerja di rumah, coba deh ikuti cara-cara ini.

(vem/nda)

Buat Area Khusus Bekerja

Konsentrasi bekerja di rumah bisa mudah sekali buyar ketika batas-batas ruang kerja tak dibuat khusus. Setidaknya miliki sebuah sudut ruangan tersendiri yang memang dikhususkan untuk bekerja. Letakkan semua peralatan bekerja di sudut ruangan itu. Punya area khusus untuk bekerja akan membantu Anda untuk mengatur mindset Anda, “Saat saya sudah berada di sini artinya saya harus bekerja.”

Jangan lupa untuk membuat daftar kegiatan atau hal-hal apa saja yang perlu dilakukan setiap harinya. Seimbangkan waktu untuk keluarga dan waktu untuk bekerja, pisahkan kepentingannya, demi mendapatkan keseimbangan hidup dan prioritas tetap bisa terbagi rata.

Bangun Jejaring dengan Pekerja Lainnya

Bekerja dari rumah bukan berarti harus kesepian dan melakukannya sendirian. Manfaatkan media sosial untuk membangun jejaring. Berkenalanlah dengan orang-orang di luar sana yang juga memiliki bisnis atau sistem kerja yang sama dengan Anda. Saat ini banyak sekali komunitas di dunia maya yang bisa kita ikuti. Tujuannya adalah bisa selalu mendapatkan motivasi dan semangat dalam bekerja. Siapa tahu juga kita akan mendapatkan klien baru dengan jejaring yang kita bangun.

Anda juga bisa bertukar pikiran tentang sistem kerja atau rutinitas yang paling efektif untuk menyelesaikan pekerjaan dengan pebisnis rumahan lainnya. Dan juga bisa membuka pikiran lebih luas lagi tentang perkembangan industri atau pasar yang sedang Anda tekuni saat ini.

Buat Tujuan dan Selalu Catat Perkembangannya

Kenapa produktivitas bisa lemah ketika bekerja dari rumah? Salah satu penyebabnya adalah tidak mengukur perkembangan sendiri. Memang tidak ada bos atau manajer yang akan memberikan masukan atau laporan perkembangan pekerjaan kita ketika di rumah. Tapi kita tetap perlu mencatat tujuan kita dan mencatat perkembangannya.

Catatlah hal-hal apa saja yang ingin Anda selesaikan dan dapatkan dengan bekerja di rumah. Lalu catat pula sudah sejauh mana Anda mencapai tujuan tersebut. Bisnis yang Anda jalankan dari rumah pun perlu berkembang, karier yang Anda bangun dari rumah juga membutuhkan kemajuan, jadi jangan sampai lupa untuk selalu memonitor perkembangan pekerjaan Anda.

Hindari Gangguan Selama Bekerja

Tetangga datang ke rumah terus mengajak ngobrol lama sekali. Tiba-tiba ada teman yang datang ke rumah dan mengajak untuk memasak bersama. Saat bekerja, sebisa mungkin Anda fokus dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam rentang waktu yang sudah Anda buat sendiri. Jika ada orang yang datang ke rumah dan mengajak untuk bepergian sementara Anda harus segera menyelesaikan pekerjaan, sampaikan bahwa Anda sedang bekerja.

Menghindari gangguan ketika bekerja di rumah ini bisa terasa jauh lebih sulit dibandingkan ketika bekerja di kantor. Karena ada banyak hal tak terduga yang terjadi di rumah. You are your own boss! Jadi buatlah jadwal yang paling tepat untuk melakukan pekerjaan Anda dan hindari gangguan apapun agar Anda bisa tetap fokus dengan pekerjaan tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading