Sukses

Parenting

Mengatasi Anak Rewel dan Tidak Mau Bersekolah

Perilaku anak dapat membuat orang tua menjadi khawatir, terutama jika mereka tidak mau bersekolah. Penyebabnya bisa berbagai macam, bisa dari dalam diri mereka sendiri maupun dari luar. Biasanya hal ini sudah dimulai dari pagi ketika anak bangun, kemudian sulit disuruh sarapan dan mandi. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi Anda sebagai orang tua. Jika hal ini berlangsung setiap hari pasti akan membuat Anda jengkel bukan?

Menyiapkan buah hati Anda masuk sekolah biasanya susah-susah gampang. Ulah balita hingga anak usia awal SD menghadapi hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar. Memaksa anak untuk tetap bersekolah tidak selalu membuatnya menurut. Seringkali hal ini membuat orang tua menjadi kebingungan.

Berikut ada delapan hal yang harus diketahui oleh para orang tua untuk mengatasi perilaku anak yang tidak menyenangkan di pagi hari dan tidak mau bersekolah seperti yang dilansir dari womensagenda.

(vem/chi)

Evaluasi Jadwal Tidur Anak

 

Pastikan Anak Mendapatkan Tidur Yang Cukup

Mulailah dengan mengevaluasi jadwal tidur anak Anda. Kebanyakan anak yang suka ngambek atau rewel seringkali tidak mendapatkan tidur yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, anak-anak bayi dan balita biasanya membutuhkan jam tidur selama 12 jam. Anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun membutuhkan jam tidur 10 hingga 11 jam. Jadi, jika perlu Anda dapat mengubah rutinitas tidur si kecil dengan tepat.

Biarkan Mereka Tidur Lebih Awal

Cobalah agar anak Anda tidur lebih awal dari jam tidur normal biasanya. Matikan televisi lebih awal dan minta mereka untuk membaca buku sehingga lebih bersantai. Menanamkan kebiasaan yang baik sedari kecil akan mempermudah Anda dimasa depan.

Simak tips selanjutnya untuk membuat anak rajin bersekolah.

Pahami Pola Perilaku Anak Anda

 

Berikan Kelembutan dan Perhatian

Memang tak mudah untuk membujuk anak agar mau bersekolah, Anda harus bersabar dan mencari solusi yang tepat untuk menangani masalah ini. Cara-cara dengan kelembutan dan perhatian mungkin lebih tepat dilakukan agar anak mau bersekolah. Kontrol emosi Anda sendiri, meskipun niat Anda baik tetapi orang tua sering marah dan emosional dengan anak-anak usia sekolah. Pada titik ini, Anda kehilangan otoritas sebagai orang tua. Maka, jangan takut untuk meminta bantuan. Mendapatkan masukan dari orang lain seperti guru anak Anda di sekolah, Anda dapat memahami pola perilaku anak Anda.

Hindari Ketakutan Anak Terhadap Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah merupakan dunia luar bagi anak. Untuk menghindari anak dari ketakutan terhadap lingkungan luar seperti lingkungan sekolah, Anda bisa mengajak anak jalan-jalan berkeliling melihat sekolahnya di hari sebelum dia bersekolah. Selain memperkenalkan kondisi fisik sekolah Anda juga bisa memperkenalkannya kepada guru yang akan mengajarnya nanti.

Membujuk anak agar mau bersekolah ada caranya, tetap simak ya.

Dekati Anak Dan Dengarkan Keluh Kesahnya

 

Dengarkan Keluh Kesah Anak

Dekati anak dan dengarkan keluh kesahnya. Dengan begitu anak merasa tidak dipojokkan. Anda dapat bertanya dengan lembut dengan anak, apa alasan dirinya tidak mau masuk kesekolah. Jika Anda sudah tahu alasannya. Dengan begitu bisa dicari solusinya bersama-sama. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara yang santai, saat ia sedang bermain atau menonton televisi.

Ingatkan Anak Anda Tentang Cita-citanya

Anda pastinya pernah bertanya kepada anak Anda apa cita-cita mereka. Banyak Anak memiliki cita-cita yang unik yang ada di benak mereka. Ketika mereka rewel dan ngambek tidak mau bersekolah, Anda bisa mengingatkan mereka tentang ciita-citanya. Hal ini dapat menaikkan motivasi mereka yang sedang menurun tak mau bersekolah. Dengan begitu anak akan tersadar, bahwa tanpa bersekolah mereka tidak akan bisa menggapai cita-citanya.

Masih ada 2 tips lagi ya Ladies, tetap simak.

Selalu Berikan Anak Motivasi Yang Positif

 

Libatkan Guru Anak di Sekolah

Jika semua cara yang dilakukan untuk membujuk anak agar mau bersekolah tidak berhasil, maka Anda dapat menghubungi wali kelas anak disekolah. Anda dapat membicarakan masalah ini dengan guru tersebut. Jika alasan anak tidak mau bersekolah adalah karena teman-temannya atau ia sulit menerima pelajaran, maka akan dengan mudah dicari solusinya.

Selalu Berikan Motivasi Bagi Anak

Memberikan motivasi bagi anak untuk bersekolah dapat membuat tekadnya semakin kuat dan lebih percaya diri. Perhatian orang tua kepada anak pun harus lebih ditingkatkan. Anda pun dapat mendorong anak untuk dapat beristirahat dengan lebih baik dan jangan lupa untuk menjaga asupan gizinya. Janganlah mudah untuk memarahi anak, lakukan pendekatan dengan lembut sehingga perilaku anak akan dengan mudah terkontrol.

Alasan penolakan anak untuk tidak mau bersekolah sangatlah bervariasi. Sedari dini hal ini bisa dihindari akan semakin baik karena akan dengan mudah di intervensi dan di identifikasi masalahnya. Anda dapat menghubungi seorang psikolog klinis untuk bantuan tambahan. Mereka dapat membantu Anda untuk mengembangkan rencana agar anak dapat dengan mudah kembali ke sekolah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading