Sukses

Parenting

Makanan Alternatif Pengganti Gula Agar Anak Lebih Sehat

Meskipun rasa manis pada gula banyak disukai anak-anak, konsumsi gula berlebih pada anak bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Kadar gula yang tinggi dari makanan manis bisa memicu obesitas, sakit gigi dan sakit lain. Bagi Bunda yang ingin buah hati tetap sehat, cobalah untuk mengganti konsumsi gula dengan konsumsi makanan manis lain yang lebih sehat. Dilansir dari mirror.co.uk, inilah beberapa makanan manis sehat untuk anak sebagai pengganti gula.

    Buah-Buahan

    Sereal manis dan bubur merupakan makanan favorit sebagian besar anak. Jika mengkonsumsi makanan ini setiap hari, ditakutkan kesehatan anak bisa terganggu. Ganti sarapan tidak sehat ini dengan sarapan yang lebih sehat yakni buah-buahan. Buah memiliki vitamin dan nutrisi yang baik bagi pencernaan dan organ tubuh lain pada anak. Buah juga bisa dicampurkan pada sereal berupa gandum parut ataupun bubur biskuit gandum.

    Minuman Bebas Gula

    Pastikan buah hati minum air putih yang cukup setiap harinya. Jika ia menginginkan minuman yang manis, berikan ia air soda bebas gula. Minuman manis juga bisa di dapatkan dari jus buah ataupun minuman hangat dengan pemanis madu. Untuk minuman yang lebih sehat, Anda bisa memberikan buah hati susu rendah lemak.

    Yogurt

    Anak-anak sangat menyukai jelly dan es krim yang banyak mengandung gula. Agar es krim dan jelly tidak terlalu banyak mengandung gula, Bunda bisa membuatkan dua jenis makanan ini di rumah dan pastikan untuk membatasi penggunaan gula di dalamnya. Untuk mendapatkan es krim dan jelly yang enak serta disukai anak, gunakan yogurt sebagai bahan utamanya. Kue juga bisa Anda buat dengan bahan alami dengan pemanis kayu manis.

Bunda, itulah beberapa makanan manis yang bisa Anda berikan untuk buah hati di rumah. Pastikan untuk mengajak anak menerapkan pola hidup dan makan yang sehat. Cobalah menasehati anak untuk tidak jajan sembarangan.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta