Sukses

Parenting

4 Sarapan Terbaik Yang Perlu Dikonsumsi Pada Masa Kehamilan

Ketika sedang hamil, tidak sedikit wanita yang akan merasa mual dan tidak nafsu makan selama masa kehamilan tersebut. Karena hal inilah, tidak sedikit wanita yang sedang hamil melewatkan sarapan. Tidak sedikit pula ibu hamil yang hanya makan makanan tertentu. Hal ini tentu sangat disayangkan dan sangat perlu untuk diperbaiki. Perlu kita tahu, sarapan merupakan aktivitas terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk menjamin kesehatan fisik maupun psikis.

Jika orang-orang yang tidak sedang hamil saja sangat disarankan untuk sarapan, bisa dibilang sarapan menjadi aktivitas yang penting dan wajib untuk dilakukan setiap pagi oleh ibu hamil. Agar ibu dan janin di dalam kandungan selalu sehat dan terjaga, nutrisi yang ada di menu sarapan setiap pagi pun harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Pastikan untuk memilih makanan yang bernutrisi tinggi dan baik demi menjamin pertumbuhan serta perkembangan janin.

Lalu, makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan ibu hamil? Dilansir dari laman parents.com, berikut adalah 4 makanan sehat dan terbaik yang bisa digunakan sebagai menu sarapan ibu hamil setiap pagi. Simak baik-baik dan pastikan untuk sarapan dengan makanan ini setiap pagi.

(vem/mim)

Makanan Berwarna Hijau

Makanan yang berwarna hijau seperti sayur adalah makanan yang kaya akan vitamin dan protein sehat. Makanan ini juga kaya akan kalsium serta nutrisi lain yang bisa menjamin kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan. Makanan berwarna hijau seperti sayur bayam, buah kiwi dan buah alpukat adalah beberapa makanan yang ringan di mulut, rasanya enak dan pastinya sangat sehat.

Beberapa ahli kandungan menyarankan agar ibu hamil sering-sering mengkonsumsi sayuran dan makanan berwarna hijau lain. Jika dibandingkan dengan daging ayam potong, sayur dikatakan lebih sehat dan baik untuk memaksimalkan pertumbuhan serta perkembangan janin.

Biji-Bijian Utuh

Beberapa study menyebutkan jika biji-bijian utuh adalah makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Biji-bijian atau yang lebih dikenal dengan whole grain merupakan biji-bijian yang belum mengalami proses penggilingan atau pengolahan lainnya. Di dalam biji-bijian utuh inilah terdapat berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan ibu dan janin di dalam kandungan.

Biji-bijian utuh dikenal sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, serat dan folat. Dengan makan biji-bijian utuh di pagi hari, hal ini akan membantu ibu hamil merasa awet kenyang, tidak mudah kembung dan lebih berenergi. Jika ibu hamil tidak suka dengan biji-bijian utuh, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan olahan dari gandum seperti sereal atau roti.

Aneka Olahan Susu

Mengkonsumsi susu saat hamil apalagi ketika sarapan, memiliki peran yang sangat penting terlebih demi menjaga kesehatan fisik maupun psikis janin di dalam kandungan. Susu adalah makanan yang kaya akan protein, kalsium, vitamin dan lemak sehat. Minum susu setiap pagi akan membantu perkembangan tulang dan gigi serta bagian tubuh lain pada janin lebih sempurna.

Jika tidak suka minum susu secara langsung setiap pagi, ibu hamil bisa mengkonsumsi susu bersama sereal gandum atau memadukannya dengan jus buah. Perpaduan nutrisi yang terkandung di dalam susu dan sereal gandum serta jus buah akan menjamin kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan.

Buah Segar

Buah segar merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan serat. Selain itu, buah segar juga menjadi makanan yang kaya akan folat, vitamin C serta potassium. Karena nutrisinya inilah, buah segar menjadi salah satu daftar makanan terbaik yang wajib dikonsumsi saat sarapan di pagi hari oleh ibu hamil. Buah yang bisa dikonsumsi untuk sarapan antara lain adalah apel, bluberi bersama semangkuk sereal gandum, pisang, alpukat atau pepaya.

Bunda, itulah beberapa makanan terbaik yang disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Meski begitu, ibu hamil harus tetap makan makanan lain yang kaya akan protein seperti ikan laut dan daging. Ketika makanan yang dikonsumsi ibu hamil telah menutrisi dengan baik tubuh ibu dan janin di dalam kandungan, hal ini tak hanya baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Nutrisi yang tepat dan pas akan membuat janin cerdas.

Semoga informasi ini bermanfaat. Agar janin di dalam kandungan selalu sehat, pastikan untuk sarapan setiap pagi dengan asupan nutrisi yang sehat dan tepat pula ya... ^_^

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading