Sukses

Parenting

Jadi Ibu Kadang Melelahkan, Pakai Tips Ini Agar Bunda Tetap Bahagia

Mengemban tanggung jawab sebagai orang tua yang harus mengasuh anak sepanjang waktu kadang bisa menimbulkan rasa stress tersendiri. Lebih-lebih jika si kecil sudah masuk usia sekolah TK dan Anda memutuskan untuk mengasuhnya Anda secara mandiri tanpa menggunakan jasa baby sitter.

Segala hal yang menjadi kebutuhan sekolah si kecil termasuk menyiapkan kebutuhan sekolah seperti buku, tempat pensil dan sebagainya, menyiapkan seragam sampai menyiapkan bekal makan siang harus Anda tangani sendiri. Dan, semua kerepotan ini belum termasuk jika Anda harus membujuk si kecil yang rewel tidak ingin pergi ke sekolah.

Ketika menghadapi kondisi yang super sibuk seperti ini, wajar ketika pada satu titik kita merasa stress karena kelelahan. Tapi, Bunda tidak perlu berlama-lama tenggelam dalam stress, sebab tips berikut akan membuat Anda tetap bahagia dalam mengasuh si kecil walau tubuh kelelahan.

(vem/ama)

Susun Jadwal Rutin untuk Anda dan Si Kecil

Menyusun rencana apa yang akan Anda lakukan hari ini, besok dan seterusnya bersama si kecil akan membuat tugas mengasuh Anda menjadi lebih ringan dan tentunya bisa membuat Anda jauh dari stress karena kebingungan menyiasati aktivitas untuk si kecil.

So, jika Anda memiliki sedikit waktu luang di sela-sela kegiatan mengasuh si kecil, Anda bisa menyiapkan rencana awal apa yang akan Anda lakukan bersama si kecil untuk besok dan seterusnya.

Siapkan "Me Time"

Terlalu sibuk mengasuh dan mengurusi segala kebutuhan si kecil kadang membuat kita lupa tentang kebutuhan kita sendiri. Jangan, ya! Meskipun kita sibuk merawat dan mengasuh si kecil, kita juga harus tetap menyediakan waktu untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri agar kegiatan mengasuh anak ini tidak menjadi terlalu stressful untuk kita.

Sediakanlah setidaknya satu jam dalam sehari untuk menikmati waktu-waktu santai untuk diri sendiri. Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai, misal menyulam, membaca buku, bahkan shopping!

Ajak Suami Terlibat dengan Tugas Mengasuh Si Kecil

Jika suami bekerja di luar rumah sepanjang weekdays, mintalah bantuan suami untuk berbagi tugas mengasuh si kecil saat weekends. Seperti dilansir dalam laman www.wikihow.com, dengan membagi tugas mengasuh dengan suami, rasa lelah Anda bisa berkurang separuhnya.

Anda juga bisa meminta suami untuk berlibur sambil mengasuh si kecil bersama-sama. Pasti menyenangkan!

Tidur Cukup

Jika kesibukan mengasuh si kecil tidak memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur 8 jam sehari, setidaknya biarkanlah tubuh Anda mendapatkan tidur yang cukup. Sebab, tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda menjadi lebih fresh dan Anda bisa lebih berenergi saat menemani si kecil bermain.

Untuk melakukannya, Anda perlu menyusun jadwal tidur untuk si kecil dan Anda sendiri. Dan, usahakanlah untuk disiplin dengan jadwal yang sudah Anda susun sendiri.

Play-Dates

Mengasuh anak akan sangat melelahkan jika dilakukan sendirian sepanjang waktu. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengajak saudara atau teman Anda yang sama-sama memiliki anak untuk melakukan play-dates.

Sementara si kecil bersenang-senang menikmati waktu bermain dengan saudara atau teman-teman barunya, Anda juga bisa menikmati waktu Anda dengan sharing dan berbagi tips dengan saudara dan teman Anda. Dijamin, stress pasti hilang!

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading