Sukses

Parenting

Tips Menyiapkan Liburan Bersama Bayi dan Balita Tercinta

Sebelum kaki kecil sang buah hati lincah merangkak ke sana-sini dan membuat kamu kewalahan, cobalah melakukan perjalanan bersama bayi kamu. Mengajak bayi dalam perjalanan kadang masih menimbulkan perasaan was - was bagi orang tua. Berbagai alasan seperti takut terkena virus, takut sakit, takut ribet mempersiapkan segala sesuatu dan lain sebagainya membuat orang tua malas melakukan perjalanan. Padahal, asal persiapannya oke, maka melakukan perjalanan bersama si kecil akan jadi momen yang tak terlupakan lho! Coba cek rangkuman list berikut dari pakar romantis dan kesehatan keluarga, AsmaraKu.com:

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan?

Memilah baju sebenarnya perkara sederhana. Cukup kemasi beberapa baju, piyama, kaus kaki, dan beberapa extra onesies untuk satu atau dua hari. Sama seperti jumlah baju yang ia kenakan saat seharian di rumah. Kalau bepergian jauh, jangan lupa mencari tahu fasilitas laundry di tempat tujuan. Jangan sampai kamu kewalahan mencuci baju si kecil di saat seharusnya bersantai-santai menikmati liburan.

Selain itu, kecuali kamu ingin mendaki gunung, tidak perlu lah membawa tisu basah, tisu kering, dan popok bayi banyak-banyak. Selain memberatkan tas, barang-barang tadi masih bisa dibeli dalam perjalanan. Cukup bawa beberapa popok untuk pemakaian selama berkendara atau dalam penerbangan. Bawa satu atau dua popok ekstra apabila ada delay atau kemacetan parah. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan mandi anak seperti pelembab dan shampo dalam kemasan secukupnya. Obat-obatan juga penting, tentunya kamu tidak ingin si kecil tiba-tiba demam di tengah malam, menangis sepanjang waktu sepanjang perjalanan.

Selain itu, jangan pernah lupakan mainan anak! Bawa beberapa mainan kesukaan si kecil. Tapi, tinggalkan mainan yang menimbulkan suara berisik karena akan mengganggu kenyamanan penumpang atau bahkan diri kamu sendiri. Membawa snack juga amat penting, jadi saat si kecil mulai bosan dengan mainannya, berikan dia crackers khusus bayi.

Buat semua hal lebih mudah dan aman untuk bayi!

Baju bayi memang kecil jadi tidak memakan terlalu banyak tempat. Tapi peralatan seperti car seat dan stroller lah yang membuat para orang tua lelah menyiapkan perjalanan. Pilihlah alat-alat multifungsi seperti car seat yang juga bisa jadi stroller. Kalau kamu menghindari membawa peralatan beroda apapun, maka cek tempat hotel kamu menginap. Apakah ada alat penghangat botol bayi? Ranjang khusus bayi? Benda-benda baby-proofing? Kalau tidak ada, maka bawalah alat-alat pembersih sendiri dan lapisi permukaan benda yang tajam seperti ujung meja dengan selimut.

Kalau kamu melakukan perjalanan di udara untuk waktu lama, jangan lupa membeli kursi tambahan dan membawa car seat. Atau manfaatkan fasilitas khusus bayi yang disediakan maskapai. Banyak orang tua memilih mendekap bayi mereka selama perjalanan, padahal cukup berbahaya apabila ada turbulensi dan permasalahan pesawat lainnya. Beberapa orang meyakini kalau mereka tidak punya cukup uang untuk membeli kursi tambahan, berarti mereka belum mampu melakukan perjalanan.

Liburan adalah waktu utnuk bersenang-senang dan bersantai. Investasikan waktu dan uangmu untuk kenyamanan dan keselamatan sang buah hati. Tapi kalau kamu merasa aman-aman saja mendekap bayi di dalam pesawat,maka pilihlah kursi dekat jendela. Posisi ini akan menghindarkan tangan si kecil menggapai-gapai saat pramugari lalu-lalang dengan kereta minumnya.

Saat melewati sekuriti bandara, taruhlah barang-barang berharga seperti tiket pesawat dan paspor di tas kecil yang mudah diakses. Pisahkan barang seperti susu formula, botol, dan cairan lainnya dalam tas terpisah. Jangan lupa ikuti standar pesawat tentang berat cairan yang boleh dibawa.

Kalau kamu berkendara dengan mobil, maka siapkan mainan dan cemilan di tempat yang gampang diakses. Begitu pula dengan popok/peralatan ganti bayi dan peta wisata. Taruh di tempat yang mudah kamu ambil.

Kalau kamu naik transportasi umum, maka jadwalkan perjalanan kamu sesuai dengan jam tidur si kecil. Anak tak mudah bosan saat ia tertidur, jadi jangan lupa bawakan piyama, buku, dan peralatan rutin lainnya yang biasa kamu gunakan saat hendak menidurkannya. Semakin anak merasa seperti di rumah, maka ia pun akan merasa nyaman dan tidak bosan selama perjalanan. Have fun parenting!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading