Sukses

Parenting

Sering Mendengar Istilah Kelahiran Sungsang, Sebenarnya Apa Itu Kehamilan Sungsang?

Masa kehamilan tak luput dari masalah yang mungkin mengganggu kesehatan kita. Dari beberapa masalah tersebut, yang paling sering kita dengar mungkin adalah kehamilan sungsang. Sebenarnya, apa sih kehamilan sungsang itu?

Seperti dijelaskan dalam laman www.babycentre.co.uk, breech pregnancy atau lebih kita kenal dengan kehamilan sungsang (posisi sungsang) adalah posisi di mana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas, sehingga alam persalinan normal, pantat atau kaki bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal.

Posisi sungsang dari bayi dalam rahim ini biasanya akan mulai terdeteksi sejak kehamilan memasuki usia di trisemester kedua. Indikasi awal dari terjadinya kehamilan sungsang adalah kandungan yang terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Namun, untuk memastikan lebih jelas mengenai posisi sungsang dari bayi dalam kandungan ini, Anda bisa mengeceknya melalui USG.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan posisi bayi sungsang?

Selain faktor fisiologis, ada beberapa faktor lain yang ditengarai menjadi penyebab posisi bayi sungsang di dalam kandungan, di antaranya:

  1. Kelainan rahim, seperti adanya sekat pada rahim. Selain itu, kelainan ini juga bisa dikarenakan rahim berbentuk menyerupai angka 7.
  2. Adanya miom di dalam rahim.
  3. Adanya lilitan tali pusat yang membuat bayi tidak bisa berputar.
  4. Kepala bayi terlalu besar.
  5. Ukuran bayi lebih besar daripada ukuran panggul ibu.
  6. Kehamilan bayi kembar.
  7. Multiparitas, seperti kehamilan anak ke-2,3,4, dan seterusnya.


Jika diketahui dalam hasil USG bayi berada pada posisi sungsang, koreksi (pengembalian posisi bayi ke bentuk normal) dapat dilakukan pada usia kandungan 7-8 bulan dengan melakukan posisi sujud atau knee-chest position. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin 5 - 10 menit sebanyak 2 kali dalam sehari, dapat membantu bayi memutar ke posisi normalnya.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai kehamilan sungsang. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kita tentang kehamilan ya, Bunda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading