Sukses

Parenting

8 Hal Aneh & Gila Yang Terjadi Saat Kamu Sedang Hamil

Hamil adalah hal yang luar biasa, kamu tak mungkin tak takjub melihat ibu hamil. Masa kehamilan mungkin juga jadi masa aneh bin ajaib yang dialami setiap calon ibu karena ada banyak perubahan yang terjadi yang mungkin tak pernah kamu duga sebelumnya. Dan hal-hal aneh inilah yang menjadi selama kamu hamil.

    Jadi suka pipis

    Bukan hanya jadi lebih sering kebelet pipis dan bolak-balik toilet, terkadang saat kamu bersin atau batuk, pipis seringkali ikut keluar sedikit. Saat hamil saluran urin, terutama kandung kemih jadi tertekan sehingga sering mengakibatkan kejadian sering pipis ini.

    Air susu keluar bahkan sebelum bayi lahir

    Aneh memang, apalagi ini adalah kehamilan pertamamu. Kamu tak pernah mengalami hal ini, dan tiba-tiba menyadari baju bagian dadamu basah. Ini terjadi saat hamil tua, ketika bayi sudah mendekati hari kelahirannya. Sisipkan spons bra jika kamu khawatir.

    Ukuran sepatu membesar

    Karena tekanan dari perut dan cairan di dalam tubuh, kaki akan membengkak dan membesar dari biasanya sehingga ukuran sepatumu pasti akan membesar selama masa kehamilan. Jadi jangan heran dan marah-marah jika kemudian sandal dan sepatumu kekecilan tiba-tiba.

    Kulitmu berubah warna

    Hal ini disebut hiperpigmentasi, tubuh hamil akan memproduksi lebih banyak melanin dari biasanya sehingga bisa menyebabkan warna kulit tidak rasa dan menjadi lebih gelap, umumnya terjadi pada dahi dan pipi.

    Gusi berdarah

    Tingginya tekanan cairan dan hormon di dalam tubuh juga bisa menyebabkan tekanan pada darah di gusi. Gusi jadi bengkak dan super sensitif, bahkan berdarah. Terkadang kamu bisa mimisan juga.

    Rambut jadi lebih tebal

    Mungkin hal aneh ini jadi hal bagus yang terjadi selama hamil, semua ini karena hormon dalam tubuhmu. Rambutmu jadi lebih sehat dan tebal, tapi ini tak akan bertahan lama, hanya akan bertahan hingga bayimu lahir saja.

    Timbul garis hitam di perut

    Tiga dari empat wanita mengalami garis hitam di tengah-tengah perut yang disebut dengan linea nigra ini dan hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Namun garis ini akan hilang setelah kamu melahirkan kok.

    Penciumanmu berubah total

    Entah berubah jadi lebih baik atau buruk, penciumanmu akan berubah drastis dari sebelumnya. Yang tadinya kamu suka makan durian, mungkin jadi membencinya. Makanan yang sebelum hamil jadi favoritmu mungkin jadi makanan paling membuatmu mual saat hamil. Hal ini akan terjadi secara alami dan bahkan kamu pun kaget dengan hal ini.

Ada banyak hal lain yang juga terkadang berubah selama kamu hamil, seperti misalnya perut gatal, perubahan suara dan mengalami sakit perut berkepanjangan. Meski unik dan aneh, namun perubahan ini pasti akan menjadi pengalaman menarik seumur hidupmu. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading