Sukses

Parenting

Tak Mudah Meneruskan Hidup Setelah Orang Tua Tiada, Tapi Aku Kuat

Jika boleh jujur rasanya tak pernah ada yang namanya benar-benar siap menghadapi kenyataan saat orang tua kita akhirnya pergi untuk selamanya. Kalau boleh memilih, kita pasti ingin bisa terus bersama orang tua kita sampai akhir hayat. Hanya saja hidup ini sesungguhnya bukan milik kita.Saat takdir berkata lain, mau tak mau kita harus menerimanya. Ketika orang tua akhirnya berpulang, rasa sedih dan duka lara pasti menyergap. Hidup pun rasanya tak sama lagi. Ada ruang di hati yang kosong dan hampa. Dan kita baru menyadari betapa berharganya sosok mereka setelah kita merasakan kehilangan. Bersedihlah Jika Itu Bisa Mengurangi DukamuHal yang lumrah jika kita bersedih setelah kehilangan orang yang paling berharga dalam hidup kita. Kesedihan itu pun tak bisa kita hindari begitu saja. Yang perlu kita lakukan adalah melepaskannya.

“Tears shed for another person are not a sign of weakness. They are a sign of a pure heart.”― José N. Harris, MI VIDA: A Story of Faith, Hope and Love

Tak apa menangis. Biarkan saja air mata itu mengalir. Menangis tak selalu berarti kamu lemah. Tapi karena memang kamu membutuhkannya untuk membuat hatimu terasa lebih lega. Melanjutkan Hidup Tanpa Mereka Mungkin Terasa Lebih Berat, Tapi Kamu Kuat Kan?Tanpa kehadiran orang tua lagi di sisimu, hidup jadi terasa berbeda. Mungkin jadi terasa lebih berat untukmu. Hal-hal yang tadinya begitu mudah kamu lakukan kini terasa lebih berat dari biasanya. Tapi kamu pasti masih bisa meneruskan hidupmu, kan? Kamu wanita yang kuat, Ladies. Kenyataan bahwa orang tuamu harus lebih dulu berpulang merupakan bentuk ujian tersendiri. Dan itu terjadi karena Sang Penggenggam Kehidupan yakin kamu bisa melewati ujian ini karena kamu kuat.Buat Mereka Bangga di Sana dengan KedewasaanmuKamu masih punya tugas di kehidupan ini. Masih ada banyak pekerjaan dan tanggung jawab yang harus kamu selesaikan saat ini. Lanjutkan hidupmu sebaik mungkin. Lakukan yang terbaik di hidupmu. Buatmu hidupmu berarti dan buat orang tuamu di sana bangga padamu.

“Don’t grieve. Anything you lose comes round in another form.”― Rumi

Apa yang sudah hilang darimu pasti akan ada gantinya. Saat orang tersayangmu pergi, yakinlah masih akan ada orang-orang baru yang akan menyayangimu. Melewati ujian ini tak bisa disepelekan. Tapi bukan berarti kamu harus kehilangan harapan hidup karenanya kan?Kehilangan pergi memang meninggalkan luka yang dalam. Hanya kamu sendiri yang paling mengerti kesedihan dan duka itu. Tapi kamu juga selalu punya pilihan dalam hidupmu: mau terus melanjutkan hidupmu dengan lebih baik atau meratapi semua yang telah terjadi.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading