Sukses

Parenting

Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil

bu hamil boleh berpuasa jika kondisi kehamilannya dinyatakan sehat oleh dokter/bidan atau petugas kesehatan lain. Oleh karena itu, untuk orang hamil yang ingin ikut menjalani ibadah puasa, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter tempat biasa Anda memeriksakan kehamilan.

Cara berpuasa orang hamil tentu sangat berbeda dengan orang biasa atau wanita yang tidak sedang hamil. Banyak hal yang perlu diperhatikan dan membutuhkan kiat-kiat khusus agar orang hamil juga boleh ikut berpuasa. Sebab orang hamil selain harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri juga harus memberi asupan nutrisi pada janin dalam kandungan. Jika kebutuhan nutrisi bagi janin tidak tercukupi, maka bisa menghambat pertumbuhan bayi yang dikandung. Jadi hanya orang hamil dengan kondisi kesehatan yang baik yang diijinkan berpuasa.

Faktor keamanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan ketika ibu hamil berpuasa, berikut adalah tips-tips khusus yang harus dilakoni Ibu hamil yang berpuasa.

Cara puasa orang hamil agar tetap aman

Saat sahur

  1. Ibu hamil yang berpuasa sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang cukup. Protein sangat baik untuk tubuh karena memberi rasa kenyang yang lama, dengan mengasup banyak protein, maka orang hamil yang berpuasa akan lebih tahan lapar. Ibu hamil juga boleh mengonsumsi daging ketika makan sahur, daging merupakan makanan yang mengandung protein dan kalori cukup tinggi dan bisa disimpan oleh tubuh dalam waktu yang lama.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin C dapat membuat tubuh lebih bugar ketika berpuasa. Makanan sumber vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan segar seperti jeruk.
  3. Hindari mengonsumsi makanan manis yang berlebihan ketika sahur. Hal ini merupakan hal yang perlu diperhatikan karena cara berpuasa orang hamil memang membutuhkan perhatian yang lebih. Makanan manis yang berlebihan dapat membuat tubuh lemas dan lebih cepat lapar karena insulin shock.
  4. Minum banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain air putih, ketika sahur juga akan sangat baik jika minum segelas susu hangat. Rutin minum susu hangat saat sahur akan mencegah Ibu hamil anemia saat berpuasa.

Saat berpuasa

  1. Untuk wanita hamil yang menjalani puasa, niatilah dengan perasaan ikhlas agar selama berpuasa terasa ringan dan menyenangkan.
  2. Ketika berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan makanan. Akibatnya tubuh akan cepat lelah, apalagi untuk wanita yang hamil. Lebih baik perbanyaklah istirahat, jangan lakukan pekerjaan yang terlalu berat atau di luar kemampuan karena kondisi kehamilan juga harus tetap terjaga.
  3. Hindari pekerjaan yang membutuhkan energi ekstra seperti pekerjaan di luar ruangan(di lapangan) atau berpanas-panasan di bawah terik matahari.
  4. Ibu hamil yang berpuasa juga perlu menghindari stres. Sebab stres begitu rawan terjadi pada orang hamil. Apalagi saat berpuasa, aturlah stres sebaik mungkin agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan menyenangkan.

Saat berbuka

  1. Sangat penting mengonsumsi makanan sehat untuk berbuka puasa. Awali berbuka dengan makanan dan minuman yang manis agar kadar gula dalam darah kembali stabil. Namun sebaiknya juga tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis, sebab Ibu hamil juga rawan terkena diabetes. Hindari minuman dingin seperti es saat berbuka, minuman dingin bisa mengganggu kerja lambung apalagi kondisi lambung yang telah kosong selama seharian.
  2. Lanjutkan dengan menyantap makanan karbohidrat, konsumsilah makanan dengan karbohidrat yang mudah diserap tubuh seperti kolak atau buah kurma.
  3. Makan besar sebaiknya dilakukan setelah shalat Maghrib. Makanlah dengan pelan, jangan langsung makan dengan porsi besar dan kalap.
  4. Sebelum tidur, usahakan untuk makan walau hanya sedikit seperti cemilan yang sehat. Minuman hangat juga sangat baik untuk membantu produksi ASI.

Cara berpuasa orang hamil agar tetap aman memang harus dilakukan. Jangan sampai Ibadah mulia yang dijalani malah mengganggu kehamilan. Anda bisa tetap berpuasa dan tetap sehat dengan mengikuti anjuran-anjuran di atas.

Sumber: meetdoctor

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading