Sukses

Parenting

Pangeran William Berjongkok Saat Bicara dengan George, Kenapa Ya?

Dalam sejumlah kesempatan, Pangeran William sering terlihat berjongkok setiap kali berbicara dengan putranya, George. Mungkin hal ini terkesan biasa saja, ya. Tapi ternyata ada sesuatu yang istimewa dari kebiasaan Pangeran William ini.

Dalam sebuah video yang diunggah di halaman Facebook Good Housekeeping, terlihat Pangeran William yang berjongkok tiap kali berbicara atau mengutarakan sesuatu pada George. Seperti ketika berada di acara pembaptisan Charlotte, acara kompetisi polo untuk sosial, dan juga ketika bersama Presiden Obama. Hm, kira-kira kenapa ya?

Video: copyright facebook.com/GOODHOUSEKEEPING/videos

Foto: copyright facebook.com/GOODHOUSEKEEPING/videos

Foto: copyright facebook.com/GOODHOUSEKEEPING/videos

Setiap kali berjongkok, Pangeran William bisa langsung menatap lurus mata George. Menurut para pakar, Pangeran William ini mempraktikkan teknik "Active Listening". Dengan menatap mata anak langsung dalam posisi sejajar, anak bisa merasa bahwa yang sedang dibicarakan itu sangat penting. Selain itu, cara ini, menurut Gail Connel, juga bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dan mendorong anak untuk lebih banyak berkomunikasi.

Foto: copyright facebook.com/GOODHOUSEKEEPING/videos

Berkomunikasi dengan anak jelas berbeda dengan berkomunikasi dengan orang dewasa. Salah satu teknik komunikasi yang efektif ketika berbicara pada anak adalah dengan menggunakan active listening. Dilansir dari fatherhood.about.com, mendengar aktif (active listening) bukan sekadar memahami kata-kata yang diutarakan. Lebih dari itu, mendengar aktif itu upaya untuk memahami pesan yang disampaikan secara keseluruhan. Jadi bahasa tubuh, penekanan suara, dan sikap dalam berkomunikasi juga terlibat di dalamnya.

Foto: copyright facebook.com/GOODHOUSEKEEPING/videos

Saat orang tua menggunakan teknik active listening, anak akan lebih mudah memahami, menerima, dan menyerap pesan yang disampaikan. Ketika orang tua berjongkok dan menatap mata anak secara langsung, anak akan merasa lebih dipedulikan dan merasa spesial. Sehingga komunikasi bisa berjalan lebih baik.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mendidik Anak Agar Disiplin dan Tidak Manja