Sukses

Parenting

Ayah, Walau Sikapmu Kaku, Hatimu Lembut Saat Menyayangiku

Sosok seorang ayah memang sangat dihormati oleh seluruh anggota keluarga. Tak hanya berperan sebagai tulung punggung keluarga, tapi ayah menjadi panutan atau contoh paling pertama bagi anak-anaknya. Pemberi keputusan yang bijak untuk memutuskan setiap langkah yang akan diambil dalam semua urusan rumah tangga.

Selain itu, Ayah menjadi sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Untuk mengingat semua jerih payahnya, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah di Indonesia. Tanggal tersebut pertama kalinya dideklarasikan di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006, di Solo.

Arti ayah sesungguhnya pun banyak diartikan berbeda oleh anak-anak di seluruh dunia. Seperti contoh, artis cantik Citra Kirana yang akrab disapa Ciki ini, arti ayah baginya ialah " Ayah adalah penyemangat untuk ku, dia adalah laki2 yang paling aku cintai, beliau orang yang mengajarkan ku tentang kedisiplinan, keberanian dan rasa tanggung jawab," ujar Ciki

Ciki pun memiliki momen yang selalu ia ingat dari Ayahnya seperti "saat kumpul keluarga , papa selalu paling ribut untuk bangunin kita pagi-pagi, hehe , momen saat papa kasih surprise sama keluargaku di hari ulang tahunku," tambah Ciki

Lain halnya dengan mantan penyanyi cilik Joshua, arti Ayah baginya tentu segalanya. "Dari saya kecil nggak pernah misah dari orang tua, setiap keputusan yang saya buat, itu ada unsur pemilihan dari Ayah pasti," papar Joshua.

Bahkan, momen tak terlupakan bersama Ayahnya sangat banyak sekali sampai ia pun tak bisa memilih mana yang sangat diingat. "Hmm banyak banget sih momen aku sama papa, aku nggak bisa sebutin karena ya tiap hari sama Papa hahahaha," tambahnya.

Sedangkan untuk aktor Ringgo Agus Rahman yang baru saja jadi seorang ayah merasakan bagaimana menjadi ayah. "Jadi seorang Ayah yang pasti seneng, ternyata anugerah yang diberikan Tuhan tuh ada disitu, banyak hal yang serba tak terduga setelah menjadi Ayah," ujar suami dari Sabai ini.

Lalu arti Ayah bagi Ringgo, dia menjelaskan, "Banyak pelajaran yang diambil dari bapa saya, seperti orangtua yang tidak gengsi, orangtua yang santai, orangtua yang percaya sama anaknya, dan saya ingin mencontoh itu,"

Lalu untuk, Chief Creative Officer Dagelan, Rizki Ehsy Pangarso berperan sebagai ayah sangat luar biasa, "bahagianya kaya gimana kayaknya ga bisa di deskripsiin lewat kata kata. Satu yang diinget saya cuma bisa bergetar sambil berdiri ngeliatin anak saya, sebelum saat adzanin dia. Amazing lah," ujar Rizki.

Ia pun sangat mengkhawatirkan perkembangan zaman yang semakin bebas. Karena lingkungan bisa memengaruhi diri, terutama anak kecil yang polos.

Sedangkan, arti ayah seperti panutan. Karena ayah adalah imam keluarga, yang (biasanya) menjadi gambaran/ contoh untuk bagaimana anak akan mampu menghadapi kerasnya dunia.

Seorang Ayah pun selalu menutupi kesedihannya agar selalu kuat di depan keluarganya, ini yang dirasakan Rizki, "Kalo sama Ayah, momen yang selalu diingat ialah saat saya nikah. Di situ saat liat seberapa besar ayah nahan air matanya karena saya udah berani untuk hidup ke tahap selanjutnya. Berat banget pasti nahannya, but thanks dad youre the best man ever," tambah Rizki.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading