Sukses

Parenting

Ajak Si Kecil Bermain Puzzle dan Lihat Manfaatnya

Setiap anak selalu suka bermain. Bentuk permainan yang berbagai macam akan membantu meningkatkan kecerdasan anak. Maka, penting Mom ketahui panduan dalam memilih mainan untuk anak. Pilih mainan yang tidak hanya membuatnya terhibur, tapi juga yang dapat membantu meningkatkan kecerdasannya. Berikan mainan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Salah satu mainan yang memiliki manfaat luar biasa untuk perkembangan anak adalah, puzzle. Mom, berikut adalah manfaat dari bermain puzzle bagi anak. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

    Meningkatkan Daya Ingat

    Puzzle adalah permainan menyusun gambar. Pada permainan ini anak dilatih untuk mengingat bentuk gambar, lalu menyusunnya kembali. Proses ini juga membantu anak untuk mengingat dan menyusun kembali bentuk puzzle.

    Melatih Kesabaran Anak

    Menggabungkan potongan puzzle dibutuhkan kesabaran khusus bagi anak. Bermain puzzle menuntut anak untuk lebih sabar dan mau berlatih untuk berproses untuk mencapai satu tujuan.

    Melatih Motorik Anak

    Anak dengan usia balita masih berlatih dalam menggerakkan motorik halusnya. Saat bermain puzzle, anak akan berlatih untuk mengatur antara gerakan mata dan tangan. Gerakan motorik halus ini akan membantu ketrampilan anak yang lain, seperti dalam hal menulis.

    Melatih Mengenal Bentuk

    Balita masih berlatih dalam mengenal bentuk. dan warna di sekitarnya. Nah, permainan puzzle ini akan membantu anak untuk berlatih mengenal bentuk, warna dan gambar yang ada pada puzzle.

    Kemampuan Menyelesaikan Masalah

    Bermain puzzle akan membantu si kecil untuk berlatih menyelesaikan masalah. Puzzle adalah permainan teka-teki. Saat bermain puzzle anak diminta untuk menyusun kembali potongan puzzle. Hal ini membantu anak dalam memecahkan masalah.

Mom, demikian manfaat bermain puzzle. Awalnya Mom dapat memberikan puzzle dengan potongan yang sedikit dan bentuknya lebih besar. Setelah anak terbiasa, Mom dapat memberikan puzzle yang lebih rumit. Nah, semoga informasi ini bermanfaat untuk Mom. Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading