Sukses

Parenting

Agar Anak Hobi Baca, Jangan Memerintah Tapi Berikan Contoh

Mengajarkan anak untuk menyukai buku dan aktivitas membaca perlu dilakukan sejak dini. Kecintaan pada buku jadi bekal awal anak untuk bisa tumbuh cerdas. Ketika ia tumbuh dewasa nantinya, ia pun bisa tetap mengikuti perkembangan zaman dengan tetap memiliki semangat belajar yang tinggi.

Cuma sekarang masalahnya bagaimana cara untuk membuat anak hobi membaca? Sekadar menyuruh atau memerintahnya untuk membaca rasanya susah untuk bisa berhasil. Kadang anak semakin diperintah, semakin tak mau ia melakukan hal yang diperintahkan itu.

Bunda, coba deh lakukan tiga hal ini untuk membuat anak hobi membaca. Tanpa memerintah, juga tanpa harus membentak.

Bacakan Sesuatu untuk Mereka
Saat anak belum bisa membaca, coba bantu ia memahami sesuatu dengan membacakan tulisan yang ada. Ketika sedang duduk atau menikmati waktu bersantai misalnya, ambil buku bergambar lalu perkenalkan nama-nama karakter yang ada di buku tersebut. Buat anak tertarik dengan kegiatan membaca. Berikan rasa nyaman padanya ketika Bunda berusaha menambahkan perbendaharaan kosakata padanya.

Baca Buku Bareng Anak-Anak
Saat anak sudah mulai bisa membaca, kita perlu lebih semangat lagi untuk meningkatkan minatnya pada dunia membaca. Luangkan waktu untuk bisa baca buku bersama anak-anak. Kalau ada kata-kata sulit, bantu anak untuk memahaminya.

Jadwal membaca buku ini sebaiknya terpisah dari jadwal mengerjakan PR atau tugas sekolah. Buat kegiatan seseru mungkin. Di hari libur atau akhir pekan, bisa juga ajak anak untuk main ke toko buku. Izinkan anak untuk memilih sendiri buku yang ia inginkan.


"Pamerkan" Aktivitas Membaca di Depan Anak
Anak-anak adalah peniru yang ulung. Ia bisa dengan mudah mengikuti dan meniru sesuatu yang ia lihat di sekitarnya. Jadi, kalau Bunda ingin si kecil suka membaca, pamerkan aktivitas membaca Bunda di depannya. Saat di rumah, pada waktu tertentu, ambil buku dan membacalah di dekatnya. Saat anak meliha orang tuanya suka membaca, ia dengan sendirinya pun akan tertarik dan penasaran sendiri untuk ikut membaca.

Akan sangat menyenangkan dan membantu jika di rumah juga ada perpustakaan pribadi. Minimal ada rak buku. Sehingga anak-anak bisa merasa lebih familiar dengan dunia membaca. Saat tahu kalau membaca sudah jadi bagian dari keseharian, anak-anak akan merasa nyaman untuk tenggelam lebih lama di kegiatan membaca.

Kalau Bunda sendiri, kira-kira punya tips lain nggak agar si kecil suka baca?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading