Sukses

Parenting

Mesin Cuci Bukaan Depan Atau Atas, Pilih Yang Mana Ya?

Perkembangan teknologi membuat urusan pekerjaan rumah tangga jadi mudah, termasuk untuk urusan mencuci baju. Jika zaman dahulu, kita harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mencuci baju menggunakan tangan. Saat ini sudah tersedia banyak pilihan mesin cuci dengan berbagai fiturnya yang memudahkan pekerjaan rumah tangga.

Di pasaran, ada 3 jenis mesin cuci yang umum dijual, yaitu mesin cuci 2 tabung, 1 tabung top loading dan 1 tabung front loading. Sebelum membelinya, ketahui dulu plus-minusnya yuk, Mom.

Mesin cuci 2 tabung

Mesin cuci ini tergolong model lawas. Memiliki 1 tabung untuk mencuci dan membilas pakaian, 1 tabung yang lain untuk memeras pakaian setelah selesai dicuci dan dibilang. Mesin cuci 2 tabung lebih hemat listrik ketimbang jenis yang lain dan harganya relatif murah. Sayangnya, mesin cuci jenis ini kurang praktis karena Mom harus memindahkan pakaian dari satu tabung ke yang lainnya. Tingkat pengeringannya pun hanya 70 persen saja.

Mesin cuci 1 tabung top loading

Mesin cuci ini hanya memiliki 1 tabung yang digunakan untuk mencuci, membilas dan mengeringkan pakaian. Mesin cuci jenis ini memiliki bukaan di bagian atas dan bekerja otomatis mulai dari mengisi air, mencuci, membilas hingga memeras cucian. Sayangnya, dengan model tabung seperti ini, diperlukan air yang banyak dalam sekali pencucian meski penggunaan daya listriknya lebih rendah. Tingkat kekeringan pakaian hanya 70 persen.

Mesin cuci 1 tabung front loading

Mesin cuci jenis ini memiliki pintu bukaan di depan dengan 1 tabung yang merangkap tabung pencucian, pemerasan dan pengeringan. Pencucian menggunakan mesin cuci ini lebih efektif karena hanya membutuhkan volume air yang sedikit. Selain itu, risiko kerusakan pada pakaian paling minim karena pakaian diputar dengan gerakan horisontal. Dengan kelebihannya ini, mesin cuci 1 tabung front loading dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dan penggunaan daya listriknya lebih tinggi.

Setiap jenis mesin cuci memilih keuntungan dan kelebihannya masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan rumah tangga Mom masing-masing.



(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading