Sukses

Parenting

Membuat Si Kecil Tumbuh Jadi Anak Percaya Diri, Ini Tipsnya!

Rasa percaya diri memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Seorang anak perlu dididik dan diarahkan untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi agar lebih mudah menjalani hidupnya ke depannya. Saat anak sudah percaya diri, ia akan lebih mudah bersosialisasi, gampang dikenal, dan bisa jadi orang yang diandalkan.

Kita sebagai orang tua pun akan lebih mudah menemukan dan mengarahkan bakat anak ketika anak sudah memiliki rasa percaya diri yang baik. Sayangnya, membuat anak menumbuhkan rasa percaya dirinya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, butuh kerja keras, kesabaran, serta kesungguhan membuat anak mengerti apa itu percaya diri. Nah, Moms, untuk itu dokter spesialis anak, dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, SpA, menjelaskan apa saja poin penting yang wajib Moms ketahui agar si kecil bisa percaya diri dan tidak tumbuh menjadi pribadi yang pemalu.

Hal pertama yang bisa dibilang cukup mudah ialah jangan memaksa anak. "Anak itu nggak bisa dipaksa-paksa sebab anak ialah makhluk unik yang memiliki karakteristik masing-masing, jadi butuh komunikasi dua arah seperti berikan anak permainan yang melibatkan orang tua," ucap dr. Herbowo saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Dr. Herobowo menambahkan, yang terpenting ialah memberi mereka dukungan seperti jangan pelit untuk memberi mereka pujian saat si kecil berhasil melakukan sesuatu, seperti berhasil menyusun puzzle lalu kita beri pujian, "Pinter yah, Nak, hebat."

"Si anak harus percaya sama kita dengan kita memberi pujian, jika tidak ada pujian si anak malah cari pujian ke tempat lain," tambahnya.

Lalu penting juga untuk mengeksplorasi lebih tinggi lagi kemampuan sang anak agar lebih percaya diri. Kemudian berikan kesempatan anak bersosialisasi sejak dini dengan cara memberikan mereka bermain dengan siapa saja, namun Moms harus tetap memperhatikannya, ya. Atau bisa juga mengajak anak ke keramaian seperti taman agar ia terbiasa bertemu banyak orang.  

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu kita perhatikan untuk membantu anak memiliki rasa percaya diri tinggi. Semoga infonya bermanfaat, ya Moms!

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading