Sukses

Parenting

Ada 4 Konflik yang Kerap Muncul di Tahun Pertama Pernikahan

Setelah menikah, ujian dan tantangan baru akan bermunculan. Apalagi di tahun pertama pernikahan akan ada banyak hal baru yang harus dihadapi dan disesuaikan, sehingga akan ada sejumlah konflik baru yang kerap muncul. Menjalani peran baru sebagai suami istri pun butuh tanggung jawab dan pembagian prioritas yang baru.

Secara umum akan ada empat masalah yang kerap muncul di tahun pertama pernikahan. Well, bukannya bermaksud menakut-nakutimu dengan memberikan info ini. Tapi sebagai bekalmu nantinya untuk menghadapi situasi yang mungkin sama di tahun pernikahanmu.

Salah Komunikasi dengan Mertua dan Sulit Memahaminya
Hubungan dengan mertua bisa jadi sebuah masalah tersendiri bagi pengantin baru. Apalagi jika sifat mertua berbeda dengan orang tua kandungmu. Proses adaptasi bisa jadi terasa lebih sulit. Ditambah lagi jika prinsip yang dipegang mertua berseberangan dengan prinsip kita atau nilai-nilai yang sudah dipegang oleh keluarga kita. Kalau sudah begini, wah kamu perlu menyiapkan energi dan usaha ekstra. Nggak heran kalau bakal sering terjadi salah komunikasi. Dalam situasi ini sih kita harus lebih bersabar. Selain itu, sebisa mungkin senangkanlah hati mertuamu di tahun pertama pernikahan. Ambil hatinya dulu, nanti komunikasi akan terasa lebih luwes dan santai lagi.

Foto: copyright goodmorningquote.com

Belum Terbiasa Membagi Waktu
Saat sudah jadi suami istri, prioritas akan berbeda. Kamu dan pasangan harus bisa mengatur waktu. Kalau dulu kamu bisa bebas melakukan semuanya sendiri, maka sekarang kamu perlu berdiskusi dengan pasangan untuk menyesuaikan waktu dan semuanya. Sesibuk apapun kamu dan pasangan, selalu hadirkan waktu untuk bisa dihabiskan berdua. Ciptakan juga ruang masing-masing dan buat komitmen dari awal soal pembagian waktu. Kamu juga pastinya ingin tetap bisa nyaman dan bahagia melakukan apa yang kamu sukai kan? Begitu juga dengan pasanganmu. Seimbangkan waktumu untuk bekerja, bersosialisasi, dan rumah tangga. Dan kuncinya adalah bisa membuat prioritas yang tepat dan mengatur waktu dengan lebih baik lagi.

Soal Prioritas dan Mengatur Keuangan atau Finansial
Bagi sebagian pasangan, masalah finansial atau keuangan bisa jadi sesuatu yang sangat krusial. Apalagi kalau kamu dan pasangan sama-sama bekerja dan memiliki gaji sendiri. Di sini, kamu perlu lebih bijak lagi membicarakan masalah keuangan ini dengan pasangan. Jangan sampai kamu dan suami jadi bertengkar hanya karena masalah uang. Selalu buat kesepakatan bersama setiap kali mengatasi dan menangani segala sesuatunya yang berhubungan dengan uang. Jangan lupa untuk berpikir jangka panjang, seperti menyiapkan tabungan untuk biaya pendidikan anak atau membeli rumah baru.

Foto: copyright goodmorningquote.com

Membangun Keintiman
Membangun keintiman di tahun pertama pernikahan bisa menemui sejumlah kendala. Keintiman di sini bukan hanya yang berhubungan dengan keharmonisan seks saja. Tapi juga upaya menjaga cinta dan menjaga ikatan janji suci yang sudah dibuat di awal pernikahan. Mungkin ada hal-hal dari pasangan yang selama ini belum kita ketahui. Dan begitu kita mengetahui sisi lain dari pasangan kita, kita mungkin akan merasa sangat terkejut. Banyak hal yang perlu disesuaikan dan dikompromikan. Bahkan harus bisa mengendalikan ego dan berani mengalah. Situasi seperti ini bisa memicu konflik sendiri dalam pernikahanmu.

Tapi memang semua kembali pada pasangan masing-masing. Situasi dan kondisi yang dialami setiap pasangan bisa berbeda satu sama lain. Bahkan ada yang di tahun pertama pernikahan, hubungan sangat harmonis tanpa konflik yang berarti. Kita semua pastinya ingin memiliki hubungan pernikahan yang terus harmonis dan langgeng sampai maut memisahkan, ya Ladies.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading