Sukses

Parenting

Ketahui 4 Tanda Kapan Anak Mulai Ingin Belajar Berjalan

Senang rasanya jika punya anak bayi. Tapi tanpa kamu sadari, anak akan cepat tumbuh dan berat saat digendong. Kemudian kamu berkata pada diri sendiri, betapa waktu cepat sekali berlalu. Jika bayi sudah tumbuh besar, ada saatnya nanti ia ingin belajar berjalan.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu jadi ibu, kamu pasti ingin tahu kapan saatnya anak menunjukkan tanda-tanda akan belajar berjalan. Kebanyakan bayi akan berdiri dan belajar berjalan saat usianya 1 tahun, tapi setiap anak bisa berbeda-beda dan biasanya berkisar antara usia 9-18 bulan.

Dia akan menunjukkan tanda-tanda seperti berikut:

  1. Merangkak
  2. Mampu berguling-guling dengan cepat
  3. Berusaha menyeret tubuhnya ke tempat-tempat berbeda
  4. Berusaha memanjat benda-benda tinggi seperti kursi, meja dan lainnya sehingga tubuhnya bisa berdiri

Anak akan berusaha bergerak sebanyak mungkin, mengerahkan fungsi kaki, lutut, tubuh, lengan dan tangannya untuk berpindah tempat. Beberapa anak tidak mengawali berjalan dengan merangkak dulu, ada yang langsung berdiri dan berjalan.

Moms tak perlu terlalu khawatir jika memang anak belum menunjukkan keinginan berjalan, mungkin perkembangannya agak lambat karena setiap anak punya timing-nya sendiri untuk berjalan pertama kali. Tapi jika anak tak juga berjalan hingga lebih dari 2 tahun, inilah saatnya memeriksakan ke dokter.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading