Sukses

Parenting

4 Tips Simpel Tapi Ampuh Lenyapkan Bad Mood Saat Hamil

Masa-masa kehamilan memang penuh kejutan dan tantangan. Banyak perubahan yang terjadi dan kita alami. Termasuk perubahan dan kestabilan emosi.

Ada saat-saat kita merasakan bad mood. Rasanya cemas dan nggak tenang melulu. Kondisi seperti ini nggak bisa dibiarkan begitu saja. Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, tingkat stres yang tinggi bisa membuat kita berisiko melahirkan bayi prematur dengan berat badan di bawah rata-rata dan kemampuan kognitif yang terhambat. Untuk itu, saat bad mood atau perasaan hati lagi nggak tenang, segera lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Berikut empat tips simpel tapi ampuh yang bisa membantumu melenyapkan bad mood saat hamil.

    Tarik Napas Dalam-Dalam

    Cari posisi yang paling nyaman, bisa duduk, berdiri, atau berbaring. Kemudian tarik dan hembuskan napas dalam-dalam secara perlahan. Nikmati dan lepaskan setiap helaan napas dengan lega. Tujuannya di sini adalah membuat hatimu tenang dan tak membebani diri dengan apapun.

    Buat atau Kerjakan Sesuatu

    Daripada terus tenggelam dan larut dalam perasaan bad mood yang tak tentu, coba sibukkan diri. Buat atau kerjakan sesuatu yang kita suka. Atau meluangkan waktu melakukan hal yang disuka, seperti baca buku atau jalan-jalan santai. Dengan begitu, kita bisa melepaskan emosi dan lebih mudah menstabilkan perasaan. Tak lagi tersiksa atau galau dalam bad mood yang tak menentu.

    Tertawalah

    Saat tertawa, hormon stres akan berkurang dan hormon yang bisa memberi rasa bahagia akan meningkat. Hormon yang bisa memberi rasa bahagia, yang disebut endorfin juga bisa bantu meredakan nyeri. Selain itu tertawa juga bisa merilekskan otot-otot tubuh, membantu kita merasa lebih optimis. Coba cari hiburan atau apapun yang bisa memicu tawa saat sedang bad mood atau down, ya.

    Curhat atau Berbagi Rasa dengan Orang Terdekat

    Kalau ada sesuatu yang mengganjal di hati, coba berbagilah dengan orang di sekitar. Curahkan hati dan perasaan agar perasan jadi lebih nyaman. Kadang bad mood muncul saat kita merasa kesepian. Jadi untuk mengatasinya, temuilah orang-orang yang paling membuat kita nyaman dan habiskan waktu mengobrol atau bersantai.



Itu tadi empat tips sederhana yang bisa sangat efektif untuk melenyapkan bad mood saat hamil. Dicoba yuk, supaya emosi tetap stabil dan tumbuh kembang janin dalam kandungan bisa berjalan dengan baik.



(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
Ajak Si Kecil Berkomunikasi Sejak Dalam Kandungan, Ini Caranya
Artikel Selanjutnya
Alasan Sepele Yang Bikin Kamu Susah Hamil, Tapi Sering Diabaikan