Sukses

Parenting

Anak Sering Ganggu Saat Moms Kerja di Rumah? Coba Tips Ini

Masih harus kerja di rumah karena ada hal-hal yang belum dibereskan di kantor? Atau memang ngantor di rumah karena kerjanya freelance? Kerja di rumah memang bisa lebih nyaman. Tapi juga tantangannya kadang jadi susah fokus kalau anak-anak masih sering ganggu dan minta diperhatikan.

Menghardik atau langsung memarahi anak untuk tidak ganggu ibu atau ayahnya kerja di rumah sebaiknya tak dilakukan. Ada cara yang lebih bersahabat yang bisa kita lakukan. Seperti tips-tips berikut ini.

Ajak Komunikasi dari Awal

Anak juga perlu tahu alasan kenapa saat ibu atau ayahnya sudah duduk di meja dan membuka laptop tak boleh diganggu. Jadi jelaskan dari awal dan ajak komunikasi. Beritahukan pekerjaan apa yang sedang dilakukan dan kapan bakal bisa selesai semua.

Beri Tanda "Sedang Bekerja"

Kalau bekerjanya di dalam kamar atau ruangan tertutup, coba beri tanda di pintu seperti tulisan "sedang bekerja" atau sejenisnya. Jadi anak paham dan nggak merasa sakit hati bila ketukan pintunya tak langsung dibalas.

Sesuaikan juga dengan usia anak. Kalau anak masih kecil dan belum bisa membaca, tips dengan meninggalkan tanda atau catatan ini mungkin nggak berhasil. Tapi kalau anak sudah masuk SD, cara ini bisa dilakukan.

Benda yang Ada di Meja Kerja Khusus untuk Keperluan Kerja Saja

Sebaiknya jauhkan atau jangan taruh mainan atau hal-hal yang mudah menarik perhatian anak di meja kerja. Cukup taruh barang atau perlengkapan yang khusus untuk keperluan kerja kita saja. Agar anak juga tak tergoda untuk mampir dan main di meja kerja.

Jika anak masih kecil, sebaiknya minta bantuan seseorang untuk menjaganya ketika Moms sedang bekerja. Apalagi kalau pekerjaan Moms membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga sulit untuk bisa mengawasi si kecil dalam waktu bersamaan. Demi keamanan dan kenyamanan si kecil, memang ada baiknya serahkan ia pada seseorang yang bisa dipercaya untuk bisa mengasuhnya dengan baik.

Luangkan Waktu untuk Bermain dengan Anak Saat Sudah Bekerja

Anak bisa saja tersinggung dan merasa dinomorduakan bila melihat orang tuanya terus sibuk bekerja. Jadi tetap luangkan waktu khusus untuk bermain dan menemani anak saat sudah selesai kerja, ya. Anak juga punya haknya untuk mendapat waktu dari orang tuanya. Kita sebagai orang tua pun perlu pintar-pintar membagi waktu dengan baik.

Kalau memang kewalahan, sebaiknya kita cari bantuan, ya Moms. Jangan sampai kita jadi membahayakan atau membuat anak merasa tersisih selalu melihat ibunya sibuk terus dengan pekerjaan. Nggak gampang memang tapi kita pasti selalu bisa membuat prioritas yang terbaik. Dan pastinya kita yang paling tahu kebutuhan masing-masing.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading