Sukses

Parenting

Apa Itu Pedofilia & Fakta-Fakta Tentang Penyimpangan Seksual Ini

Topik ini bisa jadi tabu untuk dibicarakan, tapi orangtua mau tak mau harus tahu dan waspada tentang hal ini, apalagi jika punya anak yang masih kecil. Tapi masih belum banyak orang memahami tentang pedofilia.

Apa sebenarnya pedofil dan pedofilia?
Menurut Ray Blanchard, PhD, seksologis dan profesor psikiatri University of Toronto dalam Webmd.com, seorang pedofil adalah orang yang memiliki orientasi seksual menyimpang terhadap anak-anak, umumnya anak berusia 13 tahun ke bawah atau yang lebih muda. Pedofilia sendiri adalah perilaku menyimpang tersebut.

American Psychiatric Association (APA) memasukkan penyimpangan seksual ini sebagai penyakit mental sejak tahun 1968. Dengan kata lain, pelaku pedofil adalah orang yang tidak waras secara mental atau mengalami kelainan mental.

Tidak semua pedofil menganiaya anak. Tindakan mereka ditentukan oleh keinginan atau motivasi pribadi, anak bisa mengalami kekerasan seksual secara langsung atau tidak langsung, namun tetap berbahaya.

Apakah orang Pedofil hanya tertarik secara seksual dengan anak-anak?
Beberapa pedofil tertarik juga secara seksual terhadap orang dewasa, seperti halnya mereka tertarik secara seksual terhadap anak-anak. Mereka bisa saja tampak seperti "orang normal" lainnya. Entah itu sebagai bentuk penyamaran atau bukan, sulit mengatakan bahwa mereka hanya tertarik secara seksual pada anak-anak.

Siapakah yang lebih mungkin mengalami pedofilia? Apa penyebabnya? Apakah mereka tertarik secara seksual pada lawan jenis atau sesama jenis?
Pelaku pedofilia kebanyakan adalah laki-laki, jarang sekali pelakunya wanita. Penyebabnya tidak diketahui. Mereka bisa tertarik pada siapa pun, baik sesama jenis, lawan jenis ataupun heteroseksual (suka semua jenis kelamin).

Bagaimana para pedofil mengatasi perasaan mereka dan apakah bisa disembuhkan?
Orang yang menyadari dirinya pedofil bisa jadi menerima keadaan mereka apa adanya, ada juga yang menyadari bahwa perilaku mereka salah, mereka bisa merasa frustasi, menutup diri, depresi, merasa kesepian dan khawatir. Namun perilaku pedofilia bisa disembuhkan dengan cara terapi dan pengobatan.

Jadi, ada baiknya jika Moms dan para orangtua di luar sana menyadari seperti apa dan bagaimana perilaku pedofilia ini dikatakan berbahaya dan salah.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading