Sukses

Parenting

Studi Menarik: Usia Ideal Wanita untuk Hamil adalah 34 Tahun

Membahas soal usia ideal wanita untuk hamil memang selalu menarik. Ada yang mengatakan usia terbaik wanita hamil itu di usia 20an. Ada yang berpendapat hamil di atas usia 30 tahun itu sangat berisiko. Namun, ada studi yang cukup menyedot perhatian terkait usia ideal untuk hamil tersebut.

Berbagai teori diungkap dan diubah terkait usia terbaik wanita untuk hamil. Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. John Mirowsky, seorang sosiolog dari University of Texasmenyebutkan bahwa usia ideal wanita untuk hamil itu 34 tahun. Wah, apa alasannya ya?

Dikutip dari academic.oup.com, dalam sebuah penelitian berjudul Parenthood and Health: The Pivotal and Optimal Age at First Birth, para pakar kesehatan wanita menyebutkan kalau usia 34 dan 35 tahun itu usia yang ideal untuk hamil. Pada usia 34 tahun, tubuh wanita dianggap dalam keadaan optimal dan benar-benar siap untuk mengandung. Sementara di usia 20an, tubuh wanita dianggap masih rentan mengalami sejumlah penyakit atau masalah kesehatan.

Akan tetapi, Mirowsky juga menekankan bahwa hamil di akhir usia 30an juga berisiko. Bagaimana pun, semakin bertambah usia, tubuh juga rentan mengalami sejumlah gangguan kesehatan dan sistem reproduksi pun bisa rentan mengalami komplikasi.

Teori Mirowsky tersebut juga dipertegas oleh keterangan psikolog lain yang menyebutkan bahwa wanita usia 34-35 tahun itu pada umumnya sudah memiliki hubungan yang kuat dengan pasangannya. Sehingga memiliki energi dan vitalitas yang sudah benar-benar prima. Selain itu, di usia tersebut wanita juga sudah dianggap matang dalam mendidik dan membesarkan anak.

Terlepas dari berbagai studi dan teori, kehamilan merupakan masa yang sangat penting dan istimewa bagi seorang wanita. Kondisi dan kesiapan setiap wanita pun bisa berbeda satu sama lain. Di usia berapa pun seorang wanita hamil, kesehatan akan selalu jadi prioritas yang paling diutamakan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading