Sukses

Parenting

Awas Mom, Balita yang Suka Main Gadget Bisa Ketergantungan

Apakah buah hati Mom sangat suka bermain gadget dan tak bisa lepas darinya? Ketika sudah bermain gadget baik untuk bermain game atau sekedar melihat video di YouTube tidak jarang anak-anak akan fokus pada gadget serta lebih pendiam.

Dikutip dari laman asiantown.net, dalam satu sisi, moment seperti ini bisa membuat setiap orang tua lebih nyaman dan tenang karena anak tidak rewel. Tapi Mom, anak yang terlalu suka bermain gadget bisa sangat ketergantungan dan ini menyebabkan efek yang tak baik buat kehidupan serta kesehatannya di masa depan.

Dr Aric Sigman mengatakan bahwa balita yang suka bermain gadget akan ketergantungan pada gadget. Apalagi, jika memainkan gadget ini dimulai ia sejak usia di bawah 2 tahun. Tak hanya menyebabkan ketergantungan, pengaruh gadget sangat buruk baik kesehatan fisik maupun psikis anak.

Ketergantungan pada gadget bisa berpengaruh buruk pada kesehatan fisik serta psikis anak | Photo: Copyright shutterstock.com

Dr Ben Carter mengungkapkan bahwa anak idealnya hanya boleh main gadget maksimal selama 90 menit setiap harinya. Lebih dari itu, ini sangat berbahaya dan berdampak buruk buat anak. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of The International Child Neurology Association dijelaskan jika ketergantungan gadget bisa mempengaruhi otak, indra penglihatan dan tingkat kefokusan anak.

Para ahli menyarankan agar setiap orang tua senantiasa bijak dalam memberikan gadget pada anak khusunya balita. Satu kali anak ketergantungan pada gadget, akan sangat sulit bagi orang tua untuk mengatasi ketergantungan tersebut.

Dr Sigman mengatakan, "Gadget bisa menyebabkan ketergantungan dan kecanduan pada anak. Efeknya sama dengan orang dewasa yang ketergantungan alkohol atau pun obat terlarang. Ini sangat berbahaya buat mereka. Ini bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan fisik, psikis dan kehidupan sosial serta medis anak."

Well Mom, agar anak tak ketergantungan pada gadget, usahakan agar tidak memberikan gadget terlalu sering pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini
Artikel Selanjutnya
Anak Terlalu Dimanjakan Kakek Neneknya, Bagaimana Menyikapinya?