Sukses

Parenting

Menjimpit, Gerakan Kecil yang Berdampak Besar Pada Bayi

Mom, gerakan yang satu ini mungkin terasa ringan buat orang dewasa. Tapi tidak demikian buat anak batita. Menjimpit, demikian nama gerakan itu. Menjimpit adalah gerakan mengambil dengan ujung telunjuk dan ibu jari

Bagi bayi di atas enam bulan, menjimpit pertama kali dilakukan dengan menggunakan jari-jarinya untuk melatih motorik kasar dan halus. National Childcare Accreditation Council (NCAC) menyatakan bahwa bayi dapat diajarkan gerakan ini dengan stimulasi berupa finger food dengan ukuran dan tekstur yang tepat (agak kecil namun mudah lumer dalam mulut agar bayi tidak tersedak) sebagai snack.

Tujuannya untuk melatih kemampuan menjimpit agar jemari tangannya semakin lincah. Stimulasi yang diberikan ini bisa berdampak pada perkembangan kemandirian makan, kemampuan memegang alat tulis, hingga kemampuan menulis di kemudian hari.

"Memasuki akhir usia tujuh bulan, bayi mulai mampu mengkoordinasikan gerak motorik halus, seperti; meraih, mengambil, dan memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan lainnya dengan baik. Serta mampu menjimpit benda dengan kedua jarinya. Periode ini menunjukkan bahwa kemampuannya untuk memegang dan melepas makanan semakin berkembang," kata Praktisi Kesehatan Anak, dr. Margareta Komalasari, saat berbincang dalam acara peluncuran 'Promina Puffs' di bilangan Jakarta Pusat.

Menurut psikolog anak, Novita Tandry, snacking bagi bayi usia delapan bulan ke atas dapat menjadi sarana melatih self-feeding skill, yang dapat melatih kemandirian anak sejak usia dini. "Di masa ini, bayi juga sedang berada pada tahap oral development, yaitu di mana bayi suka memasukkan benda apapun ke dalam mulut, karenanya memberikan snack merupakan salah satu cara agar tetap dapat memenuhi rasa keingintahuannya, namun dengan cara yang aman, sehat dan sesuai dengan tahapan usianya," kata Novita.

Promina Puffs/Promina

Promina Puffs adalah salah satu snack yang bisa melatih kemampuan menjimpit ini, Ia terbuat dari bahan alami: beras, gandum, dan buah asli, Promina Puffs juga mempunyai tekstur tepat yang akan lumer di mulut bayi hanya dalam waktu lima detik, jadi mencegah bayi dari tersedak.

Asupan gizi yang terkandung di dalamnya yaitu tujuh vitamin, zat besi, kalsium, omega 3 dan 6 yang mendukung pemenuhan nutrisi untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak bayi. "Promina Puffs juga memiliki 2 varian rasa yang ringan dan alami yaitu Pisang dan Blueberry untuk eksplorasi rasa, serta memiliki bentuk dan ukuran yang tepat untuk bayi usia delapan bulan ke atas yang dapat melatihnya belajar makan sendiri” ujar Susan Ernawati, Head of Marketing, Indofood CBP NSF Division, saat dijumpai dalam kesempatan yang sama.

Harga satuan dari Promina Puffs ini adalah sekitar Rp5.500 dengan kemasan yang bisa dikatup lagi jika sudah selesai dimakan. Satu kemasannya bernilai gizi 15 gram sehingga bisa satu hingga dua kali makan dan tidak cepat melempem.

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading