Sukses

Parenting

Ini Cara Agar Anak Tidak Tertarik Main Petasan di Malam Takbiran

Saat malam takbiran, anak-anak seringkali tak lepas dari yang namanya petasan. Untuk menyambut dan memeriahkan malam takbiran, banyak orang akan menjual kembang api dan petasan. Hal ini tentu membuatmu khawatir kan, Moms? Bagaimana jika kembang api itu melukai tangannya dan lain sebagainya.

Meski begitu, kamu tak bisa terus memarahinya dan mengajaknya pulang setiap anak diajak teman-temannya keluar untuk bermain. Lalu bagaimana cara mengingatkan anak agar tidak berlebihan bermain?

1. Beritahu bahaya main petasan
Marah-marah dan melarang keras tak akan ada gunanya jika kamu tidak menjelaskan dengan baik mengapa ia sebaiknya tidak bermain petasan. Jelaskan dengan cara yang santai, nada yang baik, beri contoh pada anak dan tunjukkan apa yang akan terjadi padanya jika bermain petasan berlebihan.

2. Petasan hanya membuang uang
Pada dasarnya petasan hanya untuk senang-senang belaka. Meski memang meriah, tapi alangkah baiknya jika mengajarkan anak untuk bijak menggunakan uang. Akan lebih baik jika uang itu ditabung daripada untuk membeli petasan. Jika ia masih bandel, sebagai peringatan, jangan diberi uang jajan.

3. Alihkan anak ke kegiatan yang lebih positif
Perhatikan lingkungan pergaulan anak, daripada ikut-ikutan anak-anak lain yang suka main petasan, ajak anak untuk mengenal hal lain. Alihkan anak pada kegiatan yang lebih baik, seperti takbiran di masjid atau takbiran keliling kampung, lebih bermanfaat bukan?

4. Terakhir, ingatkan untuk berhati-hati
Jika masih saja tak bisa dicegah dan ia tak tahan godaan teman-temannya untuk ikut bermain, apalagi yang bisa kamu lakukan Moms, selain mengingatkannya untuk selalu berhati-hati. Tekankan pada anak untuk berada jauh dari petasan, melihat dari jauh saja, dan tidak ikut-ikutan menyalakan petasan.

Itu beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar anak tidak main petasan berlebihan Moms. Semoga anak bisa menghindari godaan teman-temannya untuk bermain petasan di malam takbiran ya.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading