Sukses

Parenting

4 Menu MPASI Buat Buah Hati Usia 6-7 Bulan, Mom Coba Yuk!

Menginjak usia 6 bulan, buah hati sudah bisa diberi makanan pendamping Air Susu Ibu (ASI) yakni MPASI lho mom. Umumnya, buah hati yang sudah siap makan atau diberi asupan makanan lain selain ASI akan memberikan tanda-tanda tertentu. Semisal, anak mulai memasukkan makanan atau benda lainnya ke dalam mulut, anak bisa duduk sendiri tanpa bantuan orang tua dan ia mulai tertarik dengan makanan.

Untuk makanan yang bisa dikonsumsi buah hati sendiri tak boleh sembarangan. Dikutip dari laman parents.com, makanan pendamping ASI sebaiknya merupakan makanan dengan tekstur lembut, tidak mengandung gula dan garam, tidak menyebabkan alergi dan mengandung vitamin penting buat tumbuh kembang buah hati.

Usahakan agar makanan juga tidak mengandung kolesterol maupun lemak terlalu banyak. Lebih amannya, berikut sedikitnya 4 menu MPASI yang disarankan untuk buah hati usia 6-7 bulan atau setelahnya.

Pure Alpukat
Nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat sangat baik buat kesehatan buah hati. Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan 1 buah alpukat matang dan ASI secukupnya. Belah alpukat jadi dua, ambil daging buahnya dan haluskan. Campur dengan ASI secukupnya kemudian berikan pada buah hati.

Pure Pepaya
Vitamin yang terkandung di dalam buah pepaya dipercaya sangat baik sebagai nutrisi tumbuh kembang anak. Cara membuatnya, siapkan 1 potong pepaya dan ASI secukupnya. Haluskan buah pepaya kemudian campur dengan ASI. Sajikan untuk buah hati.

Pepaya dan Pir
Nutrisi pada kedua buah ini penting untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang serta otak anak. Vitamin dan antioksidan di dalam buah juga bikin anak makin sehat serta kuat. Siapkan 1 potong buah pepaya dan 1 buah pir. Haluskan kedua buah hingga membentuk pasta. Saring agar teksturnya makin lembut. Berikan pada buah hati sebagai menu MPASI.

Wortel, Dada Ayam dan Seledri
Selain buah, sayuran dan daging juga sangat baik dijadikan menu MPASI. Salah satunya adalah wortel, dada ayam dan seledri. Cara membuatnya, rebus semua bahan hingga empuk. Jika sudah, blender hingga halus. Berikan pada buah hati sebagai menu MPASI.

Mom, itulah beberapa menu MPASI yang bisa dibuat sendiri di rumah dan diberikan pada buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat dan buah hati di rumah tumbuh serta berkembang dengan lebih baik lagi ya.



(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bahaya Kesehatan pada Anak Konsumsi Gula Berlebih
Artikel Selanjutnya
Penuhi Nutrisi Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan