Sukses

Parenting

Bolehkah Menyusui Saat Hamil? Berikut Jawaban Ahli

Kebahagiaan menjadi pasangan suami istri akan terasa lengkap apabila dikaruniai seorang anak. Keluarga akan terasa lebih hangat jika si kecil hadir di rumah kita.

Lalu bagaimana jika ketika kita masih menyusui, namun sudah dipercaya Tuhan untuk mengandung anak lagi? Tentu banyak kekhawatiran yang muncul dibenak moms, seperti memiliki perasaan takut tidak mampu memberikan ASI saat sedang hamil, bahkan ada yang berpendapat harus menghentikan ASI karena akan mengganggu perkembangan janin.

Namun, Dr. dr. Ali Sungkar SpOG (K), Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (PERINASIA), menjelaskan ketika moms menyusui dan tengah hamil kembali, pemberian ASI harus tetap diberikan. Bila terjadi kontraksi tidak perlu khawatir karena ketika menyusui akan menekan terjadinya kontraksi.

Bahkan moms tak perlu khawatir lagi ketika, sang anak menyusui sudah memasuki usia 6 bulan, produksi ASI otomatis akan berkurang dengan sendirinya sehingga frekuensi menyusui anak akan lebih sedikit.

Dr. Ali menyarankan sebaiknya moms dan pasangan sangat perlu memiliki perencanaan kehamilan. Pemakaian KB yang sudah diperhitungkan, misalnya saja memakai Intrauterine Device (IUD) atau spiral yang dipasang setelah melahirkan.
"Nah,menyusui juga menjadi KB alami untuk seorang ibu. Dengan begitu tidak akan terjadi 'kesundulan' lagi," tuturnya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/asp/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading