Sukses

Parenting

Berhubungan Seks Saat Hamil, Wah Ternyata Ada Manfaatnya Lho!

Selama masa kehamilan, penting untuk selalu berhati-hati dalam beraktivitas agar janin bisa berkembang dengan baik. Hal ini juga yang sering membuat seorang ibu hamil merasa takut untuk berhubungan intim karena khawatir akan terjadi apa-apa dengan bayi dalam kandungannya. Tapi ternyata selama dilakukan dengan aman dan tak terjadi komplikasi, berhubungan seks saat hamil ternyata bisa memberi sejumlah manfaat.

Sebaiknya memang moms berkonsultasi dulu dengan dokter terkait hal ini. Karena dalam kondisi tertentu, seorang ibu hamil sebaiknya tak berhubungan seks, seperti mengalami perdarahan, kram perut, cairan ketuban pecah, letak plasenta yang rendah, atau memiliki riwayat persalinan prematur. Kondisi suami juga perlu diperhatikan, jangan sampai ia dalam kondisi mengalami suatu penyakit yang sekiranya bisa membahayakan janin dan penetrasi sebaiknya tidak dilakukan terlalu dalam.

Sekarang coba kita bahas sejumlah manfaat yang bisa didapat ibu hamil ketika berhubungan intim.

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Dilansir dari thehealthsite.com, berhubungan seks bisa bantu meningkatkan kadar antibodi Immunoglobulin A (IgA) yang dapat memperkuat imunitas tubuh. Bagi ibu hamil penting untuk memiliki kekebalan tubuh yang tinggi agar tidak gampang jatuh sakit.

Meningkatkan Produksi Oksitosin
Makin intim dengan suami bisa meningkatkan produksi oksitosin. Dan salah satu fungsi hormon ini adalah membantu proses persalinan jadi lebih lancar tanpa komplikasi dan sedikit ras sakit.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak
Selama hamil susah mendapat tidur lelap? Setelah berhubungan intim, moms bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak karena produksi endorfin yang meningkat. Badan akan terasa lebih bugar kemudian.

Manfaat berhubungan seks saat hamil./Copyright pixabay.com

Mencegah Pre-Eclampsia
Pre eclampsia adalah gangguan pada masa kehamilan yang biasanya ditandai dengan tekanan darah yang tinggi dan ditemukannya protein pada urin ibu hamil. Biasanya terjadi pada trimester kedua ibu hamil. Berhubungan intim saat hamil selama dilakukan dengan aman dan tanpa komplikasi bisa bantu mencegah terjadinya pre-eclampsia.

Lebih Mudah Mencapai Orgasme
Selama kehamilan, tubuh akan meningkatkan produksi hormon estrogen dan progesteron. Dengan meningkatnya hormon estrogen tersebut, suplai darah yang mengalir ke area panggul akan meningkat dan bisa membuat wanita lebih mudah mencapai klimaks atau orgasme saat berhubungan intim. Tubuh juga jadi lebih sensitif sehingga setiap sentuhan akan terasa lebih sensual.

Menguatkan Otot-Otot Panggul
Agar proses persalinan lancar, otot-otot panggul harus dalam kondisi baik dan kuat. Salah satu cara untuk menguatkan otot panggul adalah dengan berhubungan intim secara rutin.

Jadi memang ada manfaat yang bisa didapat ibu hamil dari tetap berhubungan intim secara rutin. Cuma kalau dirasa kehamilan rentan mengalami komplikasi, sebaiknya lebih berhati-hati lagi, ya moms.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading