Sukses

Parenting

4 Penyebab Utama Bayi Susah Buang Air Besar

Saat si kecil mengalami kesulitan untuk buang air besar, kita sebagai orang tua kadang jadi merasa cemas hingga stres sendiri. Karena biasanya masalah pencernaan jadi indikasi adanya gangguan pada kesehatan tubuh anak. Jadi memang agak ketar-ketir kalau tiba-tiba buah hati tercinta mengalami konstipasi atau masalah susah buang air besar.

Moms, memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Yuk, kenali empat penyebab utama si kecil mengalami konstipasi atau sembelit. Biar kita juga bisa lebih hati-hati lagi dalam menjaga pola makan, dan sebagainya.

Susu Formula
Dikutip dari thehealthsite.com, bayi yang cuma minum ASI ekslusif bisa dibilang tak pernah mengalami sembelit atau susah buang air besar. Sementara bila bayi juga diberi susu formula, tekstur pupnya akan sedikit lebih padat. Bayi yang diberi susu formula bisa mengalami sembelit lebih sering dbandingkan bayi yang hanya mendapat ASI eksklusif. Kalau bayi sudah buang air besar selama beberapa hari setelah diberi susu formula, segera konsultasi ke dokter, ya moms.

Adaptasi dengan Makanan Padat
Ketika sudah saatnya mengenalkan makanan padat pada si kecil, kita harus lebih waspada lagi, moms. Bayi mungkin akan kesulitan buang air besar saat yang makanan yang dikonsumsinya mulai bervariasi. Ini karena sistem pencernaan bayi masih dalam proses untuk terus berkembang. Sehingga kalau ada makanan padat yang masuk dalam sistem pencernaannya, perlu proses adaptasi lagi.

Penting untuk memerhatikan pola makan si kecil setiap hari./Copyright pixabay.com

Kurang Cairan
Imbangi asupan makanan yang diberikan dengan mencukupi kebutuhan cairannya. Bayi yang dehidrasi atau kebutuhan cairannya tak tercukupi bisa mengalami sembelit atau susah buang air besar. Pup yang keras akan sangat menyulitkan bayi dan membuatnya kesakitan. Penting banget untuk selalu memantau pola makan si kecil setiap harinya.

Pengaruh Obat-Obatan
Obat-obatan tertentu atau sirup yang kaya tinggi kandungan zat besinya bisa mempengaruhi kepadatan pupnya. Jadi kalau setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, si kecil mengalami sembelit atau susah buang air besar, segera periksakan ke dokter.

Satu hal lagi yang penting untuk diketahui adalah pup yang sangat encer tidak selalu berarti si kecil sedang diare. Bisa jadi itu indikasi ia mengalami sembelit.

Yuk, moms pilihkan makanan yang sehat dan seimbang untuk si kecil. Selain itu, bantu ia untuk tetap aktif bergerak agar sistem pencernaannya juga bisa berfungsi dengan baik.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading