Sukses

Parenting

Saat Buah Hati Demam, Jangan Panik Mom! Lakukan 5 Hal Ini

Sering kali Mom dibuat panik, cemas dan sedih kala buah hati tercinta yang masih bayi menderita demam. Apalagi, jika ditambah buah hati jadi rewel, tidurnya tak nyenyak dan suhu tubuhnya begitu tinggi. Perlu untuk kita tahu, saat bayi mengalami demam, kebutuhan cairan dalam tubuhnya akan semakin meningkat. Jadi, sangat penting bagi Mom untuk memberikan ASI atau minum yang cukup.

Mom tak perlu cemas ketika buah hati demam. Sebelum membawanya ke dokter atau bidan terdekat, alangkah baik jika Mom melakukan beberapa hal berikut ini. Dikutip dari laman parents.com, hal ini penting dilakukan demi memantau kondisi kesehatan buah hati.

1. Perhatikan Suhu Tubuh Buah Hati. Suhu normal seseorang adalah 36 - 37 derajat celcius. Jika suhu tubuhnya lebih dari ini, bisa dipastikan bahwa buah hati sedang demam. Ukur suhu buah hati dengan termometer. Jika suhu bayi sangat tinggi di atas 39 derajat, disarankan agar Mom memeriksakan kondisinya ke dokter.

2. Perhatikan Aktivitasnya. Jika buah hati masih beraktivitas seperti biasa walau suhu tubuhnya tinggi, Mom tak perlu terlalu cemas. Beri buah hati obat penurun panas dan tetap awasi dia. Tapi, jika buah hati lemas, tidak berdaya, rewel dan susah tidur, bawa buah hati ke dokter. Pastikan juga buah hati minum obat yang tepat dan memiliki istirahat cukup. Usahakan untuk selalu ada di samping buah hati yang sedang demam.

3. Perhatikan Selimut dan Bajunya. Pastikan bahwa selimut dan baju yang dikenakan buah hati saat demam membuatnya nyaman. Hindari memakaikan pakaian yang gerah, ketat atau pun kasar pada tubuh buah hati. Ganti juga selimut buah hati dengan selimut baru agar ini membuatnya semakin tenang dan bisa istirahat dengan baik.

4. Lap atau Mandi dengan Air Hangat. Saat buah hati demam, usahakan agar mengelap atau memandikannya dengan air hangat. Air hangat akan memberi ketenangan dan membuat tubuh buah hati nyaman. Jika panas buah hati terlalu tinggi, lap saja tubuhnya dengan handuk yang dicelupkan ke dalam air hangat. Setelah demamnya turun, baru Mom bisa memandikan buah hati dengan air hangat hingga ia sembuh.

5. Hindari Mengompres dengan Air Es atau Alkohol. Saat tubuh buah hati demam, hindari mengompres tubuh atau pun dahinya dengan air es serta alkohol. Mengompres dengan air es dan alkohol justru membahayakan kesehatannya. Ini juga membuat energi buah hati terbuang dan tubuhnya makin lemas. Lebih berbahaya lagi, mengompres anak dengan alkohol meningkatkan risiko gangguan pernafasan pada buah hati.

Itulah sedikitnya 5 hal yang perlu Mom lakukan saat buah hati demam. Semoga informasi ini bermanfaat. Kalau Mom punya tips lain, jangan segan untuk share di kolom komentar ya?





(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Bayi Penting Belajar Berjalan Sendiri, Mom Tidak Perlu Memaksa
Artikel Selanjutnya
Sebelum Tidur Tampak Sehat, Setelah Bangun Balita Ini Mendadak Tak Bernapas