Sukses

Parenting

4 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Ketika hamil, pola dan kebiasaan makan harus lebih diperhatikan. Jangan sampai kita sembarang mengonsumsi makanan dan minuman sampai melupakan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan.

Untuk minuman, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari atau minimal dibatasi konsumsinya. Selain minuman beralkohol yang memang seharusnya tak diminum saat hamil karena bisa mengganggu tumbuh kembang janin, beberapa jenis minuman ini pun sebaiknya tak dikonsumsi sembarangan saat hamil. Berikut penjelasan lengkapnya.

Teh Hijau
Teh herbal memang tergolong aman karena kaya antioksidan. Teh hijau pun memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Tapi saat hamil, sebaiknya tak meminumnya. Kenapa? Dikutip dari thehealthsite.com, ahli gizi Deepshikha Agarwa mengatakan bahwa saat hamil metabolisme tubuh terbilang tinggi, dan mengonsumsi teh hijau malah bisa membuat metabolisme lebih cepat dan hal ini kurang baik. Konsumsi teh hijau berlebihan pun bisa menghambat proses penyerapan asam folat dan berisiko membuat ibu dan bayi dalam kandungan kekurangan asam folat.

Minuman Berkafein
Teh dan kopi sebaiknya juga dibatasi konsumsinya. Maksimal dua cangkir sehari saja. Konsumsi kafein berlebihan selama hamil khususnya di trimester pertama bisa meningkatkan risiko keguguran dan gangguan kesehatan pada janin. Kalau memang mau minum teh atau kopi, jangan sampai berlebihan ya.

Batasi juga konsumsi kafein./Copyright shutterstock.com

Soft Drink (Minuman Bersoda)
Minuman bersoda memang menyegarkan. Tapi hati-hati dengan kandungan kafein, pemanis, dan bahan-bahan pengawet di dalamnya. Diet soda yang mengandung pemanisĀ  buatan juga tidak disarankan untuk diminum ibu hamil. Jadi kalau ingin minum minuman menyegarkan, pilih minuman dari bahan alami yang masih segar, seperti jus buah buatan sendiri tanpa pemanis buatan.

Susu yang Belum Dipasteurisasi
Saat akan beli susu dalam kemasan, selalu cek dan baca labelnya. Jangan sampai membeli susu yang belum dipasteurisasi. Selalu pilih susu yang terjamin sudah terbebas dari bakteri jahat untuk diminum selama hamil, ya.

Minuman yang paling aman dan baik bagi ibu hamil tak lain adalah air putih. Selain itu imbangi juga dengan konsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan ibu serta tumbuh kembang bayi dalam kandungan.




(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
Penting! Obat-Obatan yang Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Sembarangan
Artikel Selanjutnya
Di Hari Ulang Tahun, Siti Nurhaliza Umumkan Jenis Kelamin Calon Bayinya