Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Rambut Rontok pada Bayi

Ketika bayi baru lahir memiliki rambut yang lebat, seiring bertambahnya usia rambut bayi perlahan rontok. Hal ini normal, dan terjadi pada umumnya bayi yang berumur kurang dari enam bulan. Sst, nyatanya masalah rambut rontok ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun juga dapat terjadi pada anak-anak.

Rambut rontok pada bayi biasanya disebabkan oleh posisi tidur bayi yang sama dan tidak berubah. Selain itu rambut rontok pada bayi juga disebabkan kurangnya asupan nutrisi pada bayi. Jika bayi mom mengalami rambut rontok tidak perlu panik, berikut ini adalah cara untuk mengatasi rambut rontok pada bayi.

1. Mengubah Posisi Tidur Bayi

Salah satu penyebab rambut rontok pada bayi adalah posisi tidur yang tidak berubah. Maka usahakan untuk mengganti posisi tidur bayi. Hal ini penting apabila rambut rontok terjadi hanya pada satu sisi saja.

2. Pemilihan Shampo Bayi yang Tepat

Dalam memilih shampo bayi usahakan untuk menghindari zat kimia yang berbahaya. Pilih shampo yang sesuai dengan usia bayi. Hindari pemakaian produk yang berlebihan, karena saat bayi kekebalan tubuhnya masih belum baik.

3. Memijat Kepala

Untuk menghindari rambut rontok, memijat kulit kepala bayi dapat mengatasinya. Pijatan yang lembut akan melancarkan sirkulasi darah di kulit kepalanya sehingga meringankan risiko rambut rontok.

4. Mencukur Rambut

Saat rambut bayi mulai rontok, cobalah untuk mencukur rambut bayi. Mencukurnya akan mempercepat pertumbuhan rambut dan juga membuat rambut tidak mudah rontok.

5. Kurangi Memakai Aksesoris Rambut

Suka memakaikan bandana atau aksesoris di rambut si kecil? Sebaiknya mulai sekarang kurangi memakaikannya untuk si kecil. Aksesoris yang berlebihan dapat menyebabkan rambut si kecil mudah rontok.

Mom, demikian 5 cara untuk mengatasi rambut rontok pada bayi. Semoga bermanfaat dan rambut rontok pada si kecil dapat teratasi dengan baik.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput