Sukses

Parenting

Toksoplasma pada Ibu Hamil, Ini Gejala dan Risikonya pada Bayi!

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil lebih rentan terkena penyakit apalagi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Salah satu risiko bahaya yang mengintai adalah toksoplasma. Parasit Toxoplasma gondii menyebabkan penyakit toxoplasmosis.

Banyak orang selama ini mengira bahwa toksoplasma hanya disebabkan oleh kucing, entah itu memegang atau tidak sengaja kontak dengan kotoran kucing. Namun ternyata bukan itu saja penyebab toksoplasmosis. Parasit T. gondii bisa berada pada buah-buahan, sayuran, daging yang tidak matang atau kurang matang, dan terakhir, kotoran kucing.

Kebanyakan orang tidak menunjukkan gejala yang serius, namun ada beberapa gejala yang patut diwaspadai sebagai serangan parasit Toxoplasma, seperti membengkaknya kelenjar limpa, nyeri otot, demam dan sakit kepala.

Dilansir dari Healthline, toksoplasmosis serius dapat masuk dan mengganggu otak dan mengaburkan penglihatan. Pada ibu hamil, toksoplasmosis bisa memicu kelahiran prematur. Ini juga membahayakan kondisi kesehatan bayi yang dilahirkan, seperti mengalami

  • kebutaan
  • tuli
  • cacat intelektual
  • cacat fisik
  • berat badan rendah saat dilahirkan

Oleh karena itu, selalu cuci bersih makanan yang akan dikonsumsi dan pastikan makanan selalu diolah dan dimasak hingga matang untuk mencegah parasit Toksoplasma.

Artikel Selanjutnya
3 Kontaminasi Makanan yang Bisa Membahayakan Kehamilan
Artikel Selanjutnya
Begini Latihan Pernafasan Untuk Persiapkan Kelahiran Normal
: