Sukses

Parenting

Alasan Payudara dan Vagina Berubah di Trimester Ketiga

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil mungkin akan merasakan banyak perubahan terjadi pada tubuhnya selama masa kehamilan. Dan hal ini akan semakin terasa jelas selama akhir trimester tiga atau beberapa minggu terakhir menjelang persalinan.

Dilansir dari Mayo Clinic, diperkirakan ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1 kg di payudaranya saja karena perkembangan jaringan susu untuk mempersiapkan menyusui. Bahkan di trimester ketiga, payudara akan mulai mengeluarkan kolostrum, yaitu air susu ibu awal yang berwarna kuning.

Sedangkan vagina akan melebar atau membesar karena mempersiapkan diri sebagai jalan keluarnya bayi. Namun selama kehamilan, adanya perubahan signifikan pada vagina juga perlu diwaspadai. Ada beberapa perubahan yang sebaiknya tidak diabaikan selama trimester ketiga.

Dilansir dari Healthline, ketika mendekati hari melahirkan, ibu hamil mungkin akan mengalami keputihan yang keluar berupa lendir diikuti oleh keluarnya bercak-bercak darah. Ini terjadi karena pelunakan area serviks yang membantu mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Namun jika berlebihan, segera konsultasikan ke dokter.

Beberapa tanda yang perlu dikhawatirkan adalah sebagai berikut:

  • Keluar banyak darah
  • Keputihan kental berwana kuning, hijau dan padat (ini tanda adanya infeksi)
  • Keluar darah secara berkala

Jangan abaikan jika inilah yang terjadi pada bumil. Segera periksakan.

Artikel Selanjutnya
Apa yang Terjadi pada Bayi di Kehamilan Trimester Kedua?
Artikel Selanjutnya
Apa yang Terjadi pada Bayi Selama Trimester Pertama?
: