Sukses

Parenting

9 Superfood untuk Perkembangan Balita Sehat

Fimela.com, Jakarta Balita butuh banyak asupan gizi untuk perkembangan sehat tubuhnya. Namun tidak semua makanan boleh sembarangan dikonsumsi meski sehat. Beberapa makanan saja yang punya andil besar memberi asupan gizi seimbang dan bisa memaksimalkan pertumbuhannya.

Namun makanan seperti apa yang menjadi makanan super untuk pertumbuhan dan perkembangannya? Dilansir dari Parenting, ini sekian makanan super yang paling dibutuhkan demi perkembangan dan pertumbuhan balita.

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan lemak yang mudah dicerna anak-anak dan cocok dengan selera anak kecil. Telur juga mengandung vitamin D yang membantu menyerap kalsium, jadi juga penting untuk menjaga kepadatan tulang kuat.

2. Buah

Karena anak-anak jarang menyukai buah yang asam, buah-buahan lain yang manis bisa diperkenalkan lebih dulu seperti melon, semangka, mangga, dan pisang. Pastikan selalu memberi banyak variasi pilihan buah.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, tanah, mede dan lainnya memberi asupan serat dan lemak yang bukan hanya berguna untk mendukung perkembangan dan pertumbuhannya yang sehat, tapi juga menjaga jantung kuat.

4. Susu

Minum susu bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan protein tapi juga kalsium untuk tulang dan gigi anak yang kuat dan padat. Minum susu juga bisa membuat anak tenang, tapi jika intoleran susu sapi, ganti dengan susu kedelai atau susu nabati. 

5. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe adalah olahan kedelai yang mudah dimakan dan tinggi protein nabati yang bukan hanya memberi energi yang cukup untuk tubuh, tapi juga anti kanker.

6. Tomat

Buah tomat dengan licopene dan vitamin-nya yang tinggi mampu menjaga kesehatan mata dan kulit si kecil. Tomat juga membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu menyerap nutrisi.

7. Yogurt

Sebagai olahan susu, yogurt punya bakteri baik yang bisa menjaga pencernaannya tetap sehat. Yogurt bisa dikombinasikan madu jika terlalu asam untuk anak.

8. Ikan

Ikan, terutama salmon yang mengandung asam lemak omega-3 sangat dibutuhkan untuk kesehatan jantung anak. Usahakan anak lebih banyak makan ikan dibanding daging.

9. Kol

Umumnya anak-anak jarang menyukai sayuran hijau. Tapi jika ingin mencoba mengenalkan sayuran, coba kenalkan dengan kol. Dibandingkan jenis sayuran hijau lainnya, kol atau kubis lebih bisa diterima lidah anak-anak. Kol membantu melancarkan pencernaan dan membuang racun dalam tubuh.

Nah, itu dia sekian makanan yang bisa jadi superfood untuk perkembangan dan pertumbuahn sehat si kecil.

Artikel Selanjutnya
Apakah Bayi Boleh Makan Telur Memasuki Usia MPASI?
Artikel Selanjutnya
Makan Apel selama Hamil Cegah Penyakit Pernapasan pada Anak
: