Sukses

Parenting

Anak Sudah Drama Sedari Kecil, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Fimela.com, Jakarta Masih kecil tapi sudah sering mendramatisir keadaan? Ibu pasti akan resah. Misalkan saja si kecil drama karena tak dibelikan mainan yang dimau. Lalu, apa sih yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi anak yang mulai drama ini?

Anak yang drama ini biasanya emosinya berlebihan saat ada kejadian tidak enak yang menimpanya. Perilaku emosi anak yang berlebih ini biasanya juga disertai dengan tantrum (mengamuk).

Nah, yang pertama harus dilakukan oleh orangtua adalah mengetahui penyebab emosinya berlebihan. Setelah itu ajak si kecil bicara. Ngobrol santai saja dengan si kecil, bicarakan soal aktivitasnya. Nak, setelah itu baru ungkapkan padanya dan koreksilah perilaku negatif yang ia lakukan, tapi lakukan dengan cara yang lembut ya Mom.

Saat si kecil mulai mengeluarkan emosi yang berlebihan, biarkan saja ia meluapkannya. Setelah itu barulah ibu ajak bicara dengan lembut apa yang membuat ia merasa tidak nyaman, atau apa yang ia rasakan. Giring anak untuk lebih memahami emosinya dan sebaiknya hindari menuruti kemauannya. Menuruti kemauannya terus akan membuatnya jadi drama di lain waktu karena merasa keinginannya bisa terpenuhi dengan meluapkan emosi yang berlebih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading