Sukses

Parenting

Lakukan Ini Sebelum Anak Kecanduan Main Gawai

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa gadget alias gawai memang sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Sayangnya, gawai ini kadang membuat banyak orang kecanduan. Hal ini pun juga sudah meracuni anak-anak. Banyak sekali anak yang kecanduan dengan gadget. Jika sudah kecanduan, akan susah sekali untuk bisa lepas dari gawai.

Agar si kecil tidak sampai kecanduan, orangtua sebaiknya mencegah hal ini. Batasi jam bermain gadget anak dan jangan berikan kebebasan untuk menggunakan gadget.

Jika anak merengek, sebaiknya dibiarkan saja dan jangan dimarahi. Memarahi anak hanya akan membuat orangtua terlihat jahat di mata anak. Biarkan ia merengek, nanti ia akan diam dengan sendirinya.

Jika anak sudah tenang, sampaikan alasan baik untuk membatasinya dalam bermain gawai. Orangtua juga bisa melakukan intervensi pada anak saat mulai bermain gawai. Melarang saja memang tak cukup. Orangtua memang perlu melakukan pendekatan dan cara berbeda agar anak tidak kecanduan main smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya.

Menyuruh anak berhenti main gadget tidak akan cukup. Coba berikan alternatif untuknya sebagai penggantinya, seperti membuat kerajinan tangan, bermain bola, atau main ke taman rekreasi. Beri pilihan aktivitas yang bisa sangat mendukung tumbuh kembangnya dengan baik.Orangtua juga wajib menjadi panutan dengan tidak asyik sendiri bermain gadget di depan anaknya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading