Sukses

Parenting

Begini Perubahan Kulit yang Dialami Ibu Hamil Selama Mengandung

Fimela.com, Jakarta Saat mengandung, ibu akan mengalami berbagai perubahan yang cukup signifikan. Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah perubahan kulit. Perempuan yang sedang mengandyng kulitnya akan terlihat bercahaya. Well, ini karena memang adanya perubahan hormon tubuh selama hamil.

Fenomena perubahan kulit ini terjadi karena perubahan hormon dan karena kulit tubuh yang semakin tertarik memanjang untuk mengakomodasi tubuh yang akan semakin membesar. Selain itu juga bakal ada perubahan di wajah seperti noda-noda berwarna kecoklatan atau kekuningan pada wajah, yang biasa disebut dengan chloasma atau “masker kehamilan”.

Selain itu juga beberapa perempuan yang mengandung juga mengalami munculnya garis-garis gelap pada bagian tengah perut bagian bawah yang disebut linea nigra. Kadang ibu hamil juga mengalami hyperpigmentation atau penggelapan pada kulit pada daerah-daerah tubuh tertentu seperti pada puting susu, bagian external genitalia, dan pada bagian sekitar dubur.

Perubahan-perubahan tersebut muncul karena hormon tubuh yang menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak pigmen dari biasanya. Hanya saja, pigmen yang dihasilkan tidak merata, sehingga hasilnya akan tampak seperti warna-warna gelap yang bertebaran di permukaan kulit.

Beberapa perempuan bahkan mengeluhkan timbulnya jerawat dan munculnya rasa gatal pada kulit. Jika perubahan ini tak mengganggu aktivitas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, namun jika sudah mengganggu ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter atau bidan terdekat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading