Sukses

Parenting

Penting Mom! 3 Tanda Si Kecil Cukup ASI

Sebagai orangtua tentu ingin selalu memenuhi kebutuhan si kecil termasuk masalah konsumsi ASI. Minum ASI bagi bayi sangat penting, salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh bayi sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Nah, jika mom sering merasa apakah ASI yang diberikan ke si kecil sudah cukup, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi.

Mom, berikut ini adalah 3 tanda jika si kecil sudah cukup mengonsumsi ASI. Yuk, simak tandanya di bawah ini.

1. Memiliki Frekuensi Menyusu yang Cukup

Kebutuhan ASI setiap bayi berbeda. Namun yang perlu mom ketahui jika salah satu tanda jika kebutuhan ASI bayi terpenuhi adalah, frekuensi menyusunya cukup. Dibandingkan dengan intensitasnya, frekuensi menyusu anak akan makin sering seiring bertambahnya usia. Sebagai patokan, anak baru lahir dapat menyusu hingga 12 kali atau tiap dua atau tiga jam.

2. Mood Si Kecil Terjaga

Salah satu hal yang perlu dipahami saat kebutuhan ASI bayi terpenuhi adalah mood si kecil terjaga. mood bayi yang meningkat setelah menyusu juga terkait bahwa mereka telah mendapatkan cukup ASI.

Bayi juga akan memiliki kualitas tidur yang baik saat ia mendapatkan cukup ASI. Nah, saat si kecil rewel saat tidur kemungkinan kebutuhan ASI nya tidak terpenuhi.

3. Berat Badan yang Seimbang

Umumnya bayi yang baru lahir akan mengalami penurunan berat badan, namun setelah berumur 1-2 minggu maka berat badannya akan meningkat. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui apakah berat badannya normal. Kenaikan berat badan yang normal adalah 500 gram hingga 1 kilogram tiap bulannya. Jika si kecil kenaikan berat badannya kurang dari tersebut kemungkinan ia kekurangan ASI.

Mom, demikian 3 tanda jika bayi cukup terpenuhi kebutuhan ASI nya. Agar ASi yang mom berikan kepada si kecil cukup, pastikan mom rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B2 dan B12. Well, semoga informasi ini bermanfaat dan si kecil dapat terpenuhi kebutuhan ASI nya. Selamat menyusui.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading