Sukses

Parenting

Ini Alasan Balita Butuh Makan Camilan Setiap Hari

Jika orang dewasa saja butuh makan camilan di sela-sela kegiatan yang padat, ternyata tak beda jauh dengan bayi dan balita. Bukan hanya makanan utama saja yang perlu dikonsumsi anak, camilan juga perlu diberikan pada balita karena makanan sampingan ini ikut membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Memberikan camilan pada anak juga membantu anak untuk lebih suka makan. Seperti dikatakan Jasly Koo, ahli gizi Departemen Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Wanita Singapore Health, karena anak memiliki perut kecil sehingga kapasitas untuk menampung makanan juga sedikit, lebih baik tidak memberikan makanan berat dalam jumlah banyak sekaligus, namun dalam porsi kecil setiap beberapa jam sekali.

Oleh karena itu, membagi makanan anak menjadi beberapa porsi kecil lebih dianjurkan. Dan hal ini bisa dimasukkan dalam kategori memberikan camilan pada anak.

Pentingnya memberi camilan pada anak/copyright Unsplash.com/Hal Gatewood

Bukan hanya itu, kelebihan memberikan camilan pada anak juga dapat mengurangi stres serta melatih pencernaannya. Daripada anak mengambil benda-benda di sekitarnya untuk dimasukkan ke dalam mulut, akan lebih baik menyediakan camilan sehat dan kaya gizi untuknya.

Lalu seperti apa Moms bisa memberikan camilan? Jasly Koo menyarankan untuk memperhatikan jenis makanan, jumlah serta waktu yang tepat.

Moms bisa menyediakan buah-buahan serta sayuran yang mudah dicerna untuk anak. Hindari makanan tinggi gula untuk mencegah kegemukan dan berikan jeda waktu 2-3 jam dari waktu makan sebelumnya.

Jadi, selain makanan utama, selalu siapkan camilan sehat untuk si kecil jika sedang bepergian ya Moms, agar anak tumbuh sehat dan perutnya selalu happy.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Bawang Merah Bermanfaat Menurunkan Panas Demam Anak
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Bonding Ibu dan Anak Pengaruhi Tingkat Kebahagiaan Anak di Masa Depan