Sukses

Parenting

Tips Agar Ibu Bekerja Lancar Memberikan ASI Pada Anak Ala Rinni Wulandari

Setelah melahirkan, hal yang ingin ibu lakukan pada anaknya ialah memberikan ASI agar anak-anak mendapatkan nutrisi yang baik selama kurang lebih enam bulan.

Banyak faktor yang mensukseskan ibu menyusui dengan lancar. Salah satu faktornya ialah dukungan emosional dan psikologis selama masa kehamilan karena mereka perlu menyediakan nutrisi terbaik bagi bayi mereka di setiap tahap kehidupan.

Rinni Wulandari, penyanyi dan ibu dari Nord Kiano Julian, mengatakan, menjadi ibu untuk pertama kalinya adalah perjalanan yang luar biasa bagi saya. Banyak momen bahagia, sekaligus banyak tantangan. Salah satunya adalah saat menyusui dimana produksi ASI yang sempat terhambat karena tekanan pekerjaan sehari-hari padahal Nord masih dalam usia ASI eksklusif.

Namun, berkat dukungan dari orang-orang di sekitar yang terus memberikan semangat positif, akhirnya Rini terpacu sekali untuk kembali memberikan ASI eksklusif.

“Untungnya keluarga aku ngga kaya cerita temen-temenku. Sehabis melahirkan ngga ada pertanyaan aneh-aneh. Asinya udah keluar belum. Mereka tanyanya keadaan aku gimana atau Nord gimana. Aku ngeluh asinya dikit diperah mereka ngasih support sampe akhirnya aku nemu cara dan bisa,” ujarnya saat ditemui dalam acara Anmum, di Jakarta, Rabu (1/8).

Rinni menceritakan, awalnya dirinya mengikuti kelas tentang menyusui, pelekatan, dan lain-lain. Sebelum mennyusui, Rinni pun memilih untuk massage terlebih dahulu.

“Payudara keras banget, jadi harus dipijat. Jadi temen bilang sebelum nyusuin massage dulu. Mau perah pakai breast pump ngga kluar. Aku coba merk lain. Sampe beli tiga nggak keluar. Akhirnya, coba deh pijat payudara baru diperah. Nyiapin asinya perah pakai tangan,” tuturnya.

Rinni mengatakan, saat mulai bekerja ASInya sempat drop asi juga. Namun, dirinya tetap ingin menyusui Nord, alhasil ia pun memenuhi nutrisi, mind set harus positif, dan selalu bahagia agar ASInya kembali lagi.

(vem/asp)
;
Loading