Sukses

Parenting

7 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Terhadap Anak

Anak akan belajar pertama kali tentang apa pun dari keluarga atau orangtuanya, termasuk belajar tentang tanggung jawab. Orangtua perlu mengajarkan anak tanggung jawab sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak asal bertindak dan sembrono melakukan apa pun.

Dilansir dari Liveabout, ini cara mengajarkan anak tentang tanggung jawab.

1. Beri tugas sesuai usia

Untuk pembelajaran pertama,beri tugas-tuas sederhana pada anak sesuai usianya. Entah itu merapikan tempat tidur, menjaga mainannya sendiri, mencuci kaus kaki atau mencuci piring yang sudah ia gunakan setelah makan. Sesuaikan dengan kemampuan anak.

2. Tanggung jawab pada anggota keluarga

Jika ia punya saudara, beri tugas yang sama atau setara dengan saudaranya yang lain. Pemberian tugas dan tanggung jawab harus adil sehingga ia tidak merasa timpang dan diperlakukan tidak sama.

3. Beri pujian

Setelah ia melakukan tugasnya dengan baik, beri pujian untuk memberinya semangat dan merasa dihargai. Dengan begini, ia tahu apa yang ia lakukan berarti dan tidak sia-sia. Pujian akan memberinya motivasi untuk melakukan hal lebih baik.

Beri pujian untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak/copyright Unsplash.com/Aaron Mello

4. Jangan terlalu sering memberinya hadiah

Memberinya penghargaan dengan memberi hadiah memang bisa memotivasi anak. Tapi jika terbiasa, anak akan berpikir ia akan selalu mendapat hadiah jika melakukan tanggung jawab yang dipercayakan padanya. Pada akhirnya, ia tidak tulus melakukan tugas dan selalu mengharapkan pamrih.

5. Ajarkan tentang Konsekuensi

Orangtua juga perlu menjelaskan tentang konsekuensi yang akan dihadapi anak jika ia tidak menjalankan tugas. Konsekuensi atau risiko yang jelas akan menjadi 'ancaman' bagi anak untuk melalaikan tanggung jawabnya.

6. Jangan memaksa

Anak perlu pembiasaan ketika menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Jangan memaksakan kehendak apalagi marah-marah. Anak hanya mau melakukan apa yang diperintah karena ketakutan, bukan tertanam baik di dalam dirinya. Ajarkan setiap hal dengan perlahan namun tegas.

7. Sabar

Ini harus dimiliki setiap orangtua. Sabar mendidik anak dan membiasakan banyak hal baik padanya. Perlu waktu agar ia paham dan terbiasa menyelesaikan tugasnya.

Menjadi orangtua memang tantangan seumur hidup, dan mengajarkan anak tentang tanggung jawab pastinya menjadi tantangan yang seru. Semoga tips di atas bisa membantu, Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Buah Hati Mengalami Obesitas Mom, Kenali Bahayanya Buat Kesehatannya
Artikel Selanjutnya
5 Cara Atasi Anak yang Punya Nafsu Makan Berlebihan