Sukses

Parenting

Mom, Ini 5 Mainan Edukatif yang Bisa Mengasah Kemampuan Buah Hati

Mainan tidak sekadar membuat senang, tapi juga bisa merangsang kreativitas anak. Interaksi yang dihasilkan saat anak memainkan benda-benda yang dianggapnya menarik mampu mempengaruhi proses stimulasi perkembangan mereka. Perkembangan itu bisa berupa fisik, kognitif, hingga psikososial.

Jika aspek-aspek itu bisa berkembang dengan baik, maka si kecil akan jadi lebih bak dalam merespon setiap hal yang ada di sekitarnya. Tapi, apa saja mainan edukasi yang efektif untuk anak sekaligus bersahabat untuk keuangan orangtua? Kami pilihkan lima di antaranya.

Playdoh

playdoh menjadi mainan yang bisa mengasah kemampuan kreativitas anak/copyright shutterstock.com
Mainan berbentuk seperti plastisin ini mampu meningkatkan kekuatan tangan dan jari-jari. Tapi manfaat mainan edukasi anak ini tidak sekadar itu. Playdoh bisa mengasah anak untuk lebih terampil mengimajinasikan bentuk. Mainan edukasi ini juga akan merangsang dua sistem motorik pada anak. Pertama yakni motorik halus yang mendapat stimulus ketika si kecil meraba dan memegang mainan dengan jari. Kedua yakni motorik kasar yang akan terjadi ketika ia membentuk mainan ini menjadi sejumlah bentuk tertentu.

Puzzle

Asah juga cara berpikir anak dengan puzzel/copyright shutterstock.com
Mainan puzzle dapat mengasah konsentrasi. Semakin sering anak bermain mainan edukasi jenis ini, maka semakin mudah ia memfokuskan perhatiannya pada hal mendetail. Mainan ini juga dapat membantu anak untuk berpikir dari berbagai sudut pandang untuk menyelesaikan potongan puzzle hingga membentuk gambar ataupun kalimat.

Lego

Anak-anak akan sangat senang bermain lego/copyright shutterstock.com
Mainan edukasi seperti lego kaya akan warna dan bentuk. Dengan begitu, si kecil sejak dini bisa mengenali perbedaan warna, ukuran, dan bentuk. Mainan ini juga merangsang koordinasi motorik anak jadi lebih baik ketika merangkai tiap balok. Di samping itu, lego juga bermanfaat untuk mengenalkan si kecil pada konsep sebab akibat dari proses merangkai balok-baloknya.

Kolintang

Kolintang cocok untuk anak yang suka bermain musik/copyright shutterstock.com
Mungkin kita asing dengan namanya tapi sangat familiar dengan bentuknya. Kolintang adalah alat musik perkusi berupa serangkaian gong kecil yang ditaruh mendatar. Mainan ini jelas punya fungsi sebagai medium pengenalan bunyi-bunyian pada anak. Tapi fungsi yang lebih utama adalah untuk membiasakan anak mengkoordinasikan mata dan tangan serta motorik kasarnya saat mengetuk masing-masing gong.

Drawing Board

Ini adalah permainan yang tak hanya mengasah kemampuan otak tetapi juga menyenangkan/copyright shutterstock.com
Ingin anak jadi lebih kreatif dan aktif? Drawing board bisa jadi salah satu alternatif. Selain mengasah kreativitas, mainan edukatif yang satu ini dapat mendorong anak untuk mengenal tulis menulis. Orangtua juga dapat berinteraksi lebih akrab dengan si kecil saat mengajari mereka menuliskan huruf atau angka.

Sumber: iPrice Trend




(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Terhadap Anak
Artikel Selanjutnya
Mom, Ternyata 4 Hal Inilah yang Akan Selalu Anak Butuhkan Darimu