Sukses

Parenting

Cegah Sembelit, Ini Menu MPASI Paling Tepat untuk Bayi

Memasuki usia bisa mengonsumsi makanan pendamping asi (MPASI), Moms memang perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa dijadikan menu tambahan setiap hari. Jangan berpikir bahwa semua makanan cocok untuk bayi karena sistem pencernaan bayi sedang dilatih perlahan-lahan sehingga perlu menu makanan yang tepat. Jika tidak tepat, bayi bisa mengalami sembelit, dan susah buang air besar pada bayi bisa membuatnya rewel.

Menurut pengalaman seorang ibu dari Babyologist, ada beberapa cara membantu pencernaan bayi tetap lancar dan tidak timbul masalah sembelit, yaitu dengan memerhatikan asupan makanan berikut ini.

1. Lemak yang cukup
Untuk memberikan nutrisi dan energi pada bayi, sekaligus menjaga pencernaan lancar, lemak sehat diperlukan bayi. Asupan lemak sehat bisa didapat dari buah alpukat, kaldu daging, kuning telur dan minyak ikan.

2. Buah-buahan
Ada beberapa buah yang bisa mencegah sembelit dan cocok dijadikan menu MPASI, seperti buah berry, buah naga dan buah pir. Buah-buahan bisa dihancurkan atau dijus kemudian dicampurkan pada bubur. Karena buah berry cenderung asam, bisa dikukus dulu sehingga rasa asamnya berkurang atau dicampurkan dengan buah yang manis seperti pisang dan mangga.

3. Minum yang cukup
Berikan minum air putih yang cukup atau pemberian susu yang rutin untuk menjaga kebutuhan cairan di dalam pencernaan sehingga bayi tidak mengalami sembelit.

Jadi, itu yang bisa kamu perhatikan muai sekarang Moms. Pastikan menu MPASI mudah dimakan sehingga tidak menimbulkan sembelit pada si kecil.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Demam Pada Anak
Artikel Selanjutnya
Bukti Studi, Anak Merasa Lebih Percaya Diri Setelah Bermain di Luar Rumah