Sukses

Parenting

Ibu Makan Terlalu Sedikit, Ini Pengaruhnya pada ASI

Saat menyusui, ibu membutuhkan banyak makan untuk memenuhi nutrisi harian dan juga untuk memenuhi nutrisi bayi. Namun bagaimana jika ibu menyusui justru kurang makan atau makan hanya sedikit? Bagaimana pengaruhnya terhadap produksi ASi dan juga komposisinya?

Ternyata diungkapkan dokter spesialis anak, Ariani Dewi Widodo, "ASI yang diproduksi dan komposisi ASI tidak akan berubah. Apakah ibu makan sedikit atau banyak, tidak mengurangi komposisi ASI."

Kualitas dan kandungan ASI tidak berubah meskipun ibu makan sedikit, seperti kandungan DHA (asam lemak omega-3), gangliosida (lemak dan karbohidrat), probiotik (karbohidrat, mineral, vitamin), zat besi, dan kalsium. Kandungan ASI yang punya senyawa meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh bayi juga masih sama.

Makan sedikit tidak memengaruhi kandungan ASI/copyright Shutterstock.com

Ketika ibu menyusui mengurangi makanan, yang akan terpengaruh justru adalah kesehatan tubuhnya sendiri. Karena tubuh ibu diatur sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan bayi melalui ASI, yang akan terkena dampak kekurangan nutrisi kemungkinan besar adalah ibu itu sendiri.

"Asupan makan kurang, ibu akan kekurangan zat gizi. Untuk produksi ASI, zat besi dan kalsium diambil dari tubuh ibu. Ini demi tubuh memberikan ASI sempurna untuk bayi," ujar Ariani.

Itulah mengapa, dokter menyarankan agar ibu selalu menjaga kebutuhan nutrisi dan tubuh tetap fit, apalagi kebutuhan zat besi. Karena bukan hanya risiko anemia dan badan lemah, ibu juga bisa berisiko mengalami osteoporosis karena kalsium akan diserap dari tulang ibu untuk diberikan ke bayi melalui produksi ASI.

Jadi Moms, jangan coba-coba diet dulu atau mengurangi makanan selagi masih menyusui ya, karena nutrisi lengkap dan makan yang banyak justru sangat dibutuhkan di masa-masa ini.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Artikel Selanjutnya
Seberapa Penting Memantau Tumbuh Kembang Anak? Ini Jawabannya
Artikel Selanjutnya
Tips Hentikan Pertumbuhan Rambut Ketiak dengan Scrub Kunyit
: