Sukses

Parenting

Apa yang Menyebabkan Pinggang dan Punggung Sakit Selama Hamil?

Ketika hamil, tubuh wanita akan mengalami banyak perubahan, oleh karena itu wanita harus siap menerima apa pun yang terjadi ketika hamil, termasuk mengalami sakit pinggang dan tulang belakang ketika hamil.

Beberapa wanita mungkin tidak mengalaminya, namun banyak wanita mengeluhkan nyeri di area pinggang dan tulang belakang selama hamil. Dilansir dari Healthline.com, ini sekian penyebab rasa sakit tersebut.

1. Hormon rileks

Ketika hamil, hormon rileks akan lebih banyak dilepaskan dan hormon ini akan membuat jaringan yang terhubung dengan tulang lebih tenang dan tidak tegang. Namun sayangnya terlalu rileksnya otot yang seharusnya bisa menahan beban perut membesar justru menimbulkan ketidaknyamanan di pinggang dan menimbulkan nyeri di area ini.

2. Bertambah berat badan

Karena tubuh tidak terbiasa dengan naiknya berat badan dalam waktu singkat, tubuh sulit beradaptasi sehingga menimbulkan stres pada tulang dan sendi. Dokter menyarankan menjaga berat badan selama hamil. Baiknya berat badan bertambah tidak lebih dari 25-30 pound atau sekitar 12-15 kg. Konsultasikan dengan dokter untuk lebih jelas.

Pemicu rasa nyeri di pinggang/copyright Shutterstock.com

3. Postur tubuh yang buruk

Perubahan postur tubuh bisa dipengaruhi bertambahnya berat badan dan pendistribusian berat badan yang tidak seimbang, terutama di perut saja. Apalagi jika bayi berada berat di satu sisi saja, ini akan menambah ketidaknyamanan menyeimbangkan tubuh.

4. Rentan osteoporosis

Ketika hamil, bayi dalam kandungan juga akan membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan dan pembentukan tulangnya sehingga sangat memungkinkan ibu kekurangan kalsium dan berisiko mengalami osteoporosis. Rasa nyeri akan terasa jika ibu kekurangan kalsium dan kalium.

Untuk mengurangi rasa sakit, Moms bisa melakukan pijatan lembut, latihan pernapasan, kompres hangat, berendam air hangat dan yoga. Kurangi juga mengangkat banyak barang yang berat dan istirahat cukup.

(vem/feb)
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi Sebelum Mulai Hamil
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Wanita Jadi Mudah Menangis Ketika Hamil
: