Sukses

Parenting

6 Langkah Cara Mengganti Popok Bayi Sederhana

Tantangan menjadi ibu tidak berhenti sampai melahirkan anak saja, namun juga harus bisa mengganti popok bayi. Ketika bayi sudah menyusu dan mulai besar, ia memerlukan popok untuk menampung air seni dan buang air besar yang dikeluarkan.

Tentunya, mengganti popok bayi juga perlu keterampilan dan pembiasaan agar tidak canggung. Dilansir dari New Parent.com, ini cara sederhana mengganti popok bayi yang bisa diterapkan Moms.

  • Langkah 1:  Pastikan semua keperluan seperti kain tisu, handuk, air bersih, minyak telon, bedak dan popok baru sudah siap di samping atau dalam jarak jangkauan tangan. Pastikan airnya hangat jika anak cukup sensitif dengan suhu.
  • Langkah 2: Letakkan bayi di atas bidang datar, bisa meja atau ranjang yang sudah digelar handuk tebal atau kain terpal. Lepaskan popok dan angkat kedua kaki bayi sehingga pantatnya terangkat dan popok bisa diambil.
  • Langkah 3: Jaga tangan bayi tetap sibuk agar tidak meraih barang di sekitarnya. Moms juga bisa mengajak bayi bicara atau bercanda sehingga ia tidak rewel atau mengganggu proses mengganti popok.
  • Langkah 4: Ambil handuk dan basahi dengan air hangat, lap pantat dan area pribadi bayi hingga bersih. Lap dari atas ke bawah. Ulangi lagi beberapa kali. Ambil handuk kering dan keringkan bayi. Pastikan area pribadi bayi kering agar tidak menimbulkan ruam.
  • Langkah 5: Ambil popok bersih. Gelar popok dan angkat kedua kaki bayi. Letakkan popok di bawah pantat bayi. Beri bedak atau minyak telon, baru rekatkan popok. Jika menggunakan popok celana dalam, jaga kedua kakinya tetap tenang dan regangkan karet popok sehingga kaki bayi mudah masuk.
  • Langkah 6: Setelah selesai, gulung popok dan buang. Jika bepergian, pastikan membawa plastik untuk membungkus popok sehingga mudah dibuang. Jangan lupa mencuci tangan setelah mengganti popok.

Sebenarnya mengganti popok bayi cukup mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Semoga pengalaman mengganti popok pertama kali membuat Moms semakin lihai merawat si kecil ya.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Haruskah Anak Tetap Dipuji Meski Mereka Tak Baik
Artikel Selanjutnya
4 Trik yang Dilakukan Orangtua untuk Mengajarkan Disiplin pada Anak